Selfie
Bagaimana cara agar selfie kamu terlihat lebih baik? Algoritma komputer mungkin bisa membantu

Selfie sudah bukan barang baru di era gadget seperti sekarang ini, terlebih lagi untuk wanita yang menjadikan selfie sebagai kebutuhan wajib setiap harinya. Biasanya perlu beberapa kali mengambil gambar dan hanya satu yang benar-benar sempurna untuk diunggah ke media sosial. Namun bagaimana jika hanya sekali potret kamu bisa dapatkan hasil selfie yang baik?

Profesor Dan Vogel dan Qifan Li dari University of Waterloo Kanada mengatakan pihaknya sedang membangun aplikasi kamera yang berguna untuk menuntun pengguna supaya mendapatkan selfie yang lebih baik.

Vogel dan Li membuat scan tiga dimensi di komputer dari variasi wajah orang kebanyakan. Kemudian mereka mengambil gambar dari sudut pandang, pencahayaan, serta jarak yang berbeda terhadap objek 3D tersebut.

Selfie
Sejumlah foto 3D diambil untuk nanti dipilih mana yang terbaik komposisinya

Tim kemudian memanfaatkan platform crowdsourcing online untuk menilai setiap foto yang didapat dari proses sebelumnya. Partisipan boleh memberi predikat baik, belum memutuskan, atau buruk pada masing-masing foto. Data ini nantinya diolah untuk dijadikan algoritma aplikasi.

Pihaknya mengklaim hasil foto selfie berkat aplikasi ini lebih baik 26% dibanding tanpa menggunakannya. Meski demikian Vogel mengatakan mereka masih sangat awal dalam pengembangan. Sejauh ini baru ada tiga parameter yakni arah cahaya, posisi wajah, dan ukuran wajah.

Selfie
Partisipan dalam riset ini boleh memilih foto selfie seperti apa yang disukainya

“Kita bisa memperluas variabelnya seperti gaya rambut, jenis senyum, bahkan pakaian yang Anda pakai” kata Vogel dikutip dari blog University of Waterloo.

Sebelumnya add-on kamera bernama Arsenal juga menawarkan improvisasi hasil foto dengan bantuan algoritma. Tetapi kali ini lebih fokus pada keperluan selfie serta pengguna tidak perlu membeli perangkat tambahan.

Informasi lebih jauh dapat kamu tonton dalam video ini: