Tempat Terdingin di Dunia
Tempat terdingin di dunia ada di salah satu titik di Antartika (credit: NSIDC)

Mengatakan Antartika sebagai tempat yang dingin mungkin tidak akan mengejutkan banyak orang. Pasalnya, wilayah paling selatan Bumi tersebut jarang mendapat sinar matahari sehingga temperatur merosot tajam dibanding khatulistiwa. Namun, Antartika sendiri punya daerah yang cukup luas dimana suhunya bervariasi. Tim peneliti dari National Snow and Ice Data Center (NSIDC) menemukan tempat terdingin di Bumi.

East Antarctic Plateau merupakan tempat terdingin di dunia, berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di wilayah tersebut mencapai -98° celcius yang membuat udara menjadi sangat kering.

NSIDC berkolaborasi dengan data dari satelit NASA, yakni Terra, Aqua, dan NOAA sejak 2004 hingga 2016. Tim menemukan bahwa saat musim dingin, suhu salju bisa terjun hingga -90° C. Sementara itu, di sejumlah titik tercatat mendekati -100° atau lebih tepatnya -98° C.

Plateau memiliki wilayah seluas beberapa ratus kilometer persegi. Menurut peneliti, udara yang kering dapat turun hingga ke permukaan salju dan membuatnya semakin dingin dari hari ke hari sebelum akhirnya disapu angin.

Tempat Terdingin di Bumi
Kombinasi udara kering dan salju tebal membuat siapapun yang datang kesini harus punya persiapan lengkap (credit: NSIDC)

“Di wilayah ini, kami melihat periode dari udara kering, dan ini memungkinkan panas dari permukaan salju dikeluarkan ke udara lebih mudah,” kata Ted Scambos, pimpinan dalam studi tersebut.

Peneliti juga menambahkan bahwa suhu yang mereka dapatkan bisa dibilang sebagai level terendah yang memungkinkan di permukaan Bumi.

Sebagai catatan, penelitian ini murni mengandalkan data dari satelit yang mana tidak sepenuhnya akurat dan mungkin bisa lebih tinggi atau lebih rendah beberapa derajat celcius. Untuk itu, pihaknya berencana membangun instrumen di Plateau pada musim panas ketika suhu tidak terlalu buruk bagi fisik manusia.

Bicara soal tempat terdingin yang masih ditinggali manusia, desa bernama Oymyakon di Rusia tercatat sebagai wilayah dengan suhu terendah yang dihuni manusia. Oymyakon sempat mencatat rekor terendahnya pada -67° dimana termometer elektrik sampai rusak karena tak tahan suhu dingin.