Upaya yang paling sering dilakukan produsen drone demi meningkatkan durasi terbang produknya adalah dengan mematok kapasitas baterai yang lebih tinggi bersamaan dengan komponen yang hemat daya.
Namun ide untuk menerbangkan drone tanpa baterai menjadi menarik ketika ilmuwan asal Inggris, Sam Aldhaher baru saja mengembangkan sebuah drone yang dapat diterbangkan tanpa adanya baterai.
Teknologi yang ia pakai didasarkan pada wireless charging yang merupakan metode pengisian baterai tanpa kabel. Energi yang dikirimkan langsung digunakan untuk memutar motor listrik hingga menerbangkan drone.
drone tanpa baterai
Cara kerja dari sistem wireless charging pada drone dengan menghubungkan transmitter ke PCB coil yang mengirim energi secara nirkabel ke copper foil di frekuensi 13.56 MHz.
Menurut Sam, sistem yang dipakainya merupakan yang terbanyak dalam mentransfer tenaga sehingga cocok untuk motor listrik drone yang bergerak terus-menerus.
Dilihat dari desain drone, dapat dipastikan Sam menggunakan jenis drone kecil Hubsan X4 yang telah dimodifikasi.
Drone tanpa baterai ini masih dalam tahap prototype dan hanya bisa terbang beberapa sentimeter dari permukaan. Ciptaan Dr. Sam Aldhaher tersebut kini sudah dipublikasikan di situs IEEE Xplore.