Plastik adalah bahan utama yang digunakan untuk membungkus berbagai produk kemasan, termasuk makanan. Namun kehadirannya justru membawa masalah baru, sampah plastik yang mencemari lingkungan.
Untuk itulah ilmuwan dari Departemen Pertanian AS menciptakan pembungkus makanan yang jusa bisa dimakan. Mereka memanfaatkan kasein susu untuk membuat lapisan mirip plastik.
Kabarnya pembungkus ini 500 kali lebih baik mengunci oksigen dibanding plastik. Bahan dasar dari susu membuat ia cepat terurai ketika dibuang atau bahkan kamu bisa memakannya.
Ilmuwan Ciptakan Pembungkus Makanan yang Bisa Dimakan, Berpotensi Mengurangi Limbah Plastik
Kemasan dapat dipakai untuk membungkus makanan agar tetap kering dan awet
Selama pengembangan kemasan, tim peneliti menggunakan kasein murni sehingga bahan sangat fleksibel. Tetapi ada masalah dimana ia menjadi mudah larut ketika terkena air. Untuk mengatasi ini, tim menambahkan pektin jeruk.
Agar tetap dalam kondisi yang layak untuk dimakan, kemasan ini tetap membutuhkan plastik untuk melapisi kemasan dari kontaminasi luar. Meski demikian penggunaan plastik menjadi lebih sedikit.
Saat ini tim peneliti masih terus mengembangkan kemasan kasein susu untuk sebuah perusahaan di Texas. Mereka berharap dapat memiliki bahan di pasar dalam tiga tahun ke depan.
Sumber: Phys