Cyborg adalah campuran antara organisme hidup dengan bantuan mesin untuk bisa menjalankan aktivitasnya. Baru-baru ini tim peneliti dari Wyss Institute di Universitas Harvard berhasil membuat cyborg ikan pari.

Gagasan ini bermula ketika Kit Parker, seorang teknik biologis mengunjungi akuarium dengan putrinya. Ketika memasukan tangannya ke air, ikan pari dengan cepat menghindar dengan cara yang elegan.

Parker terinspirasi dari sistem otot pada ikan pari yang sangat banyak sehingga dapat berpindah dengan lincah.

Kemudian Parker membagikan idenya ke sesama peneliti di Wyss Institute. Akhirnya proyek cyborg ikan parinya disetujui.

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Cyborg Ikan Pari yang Benar-benar Terlihat Hidup
Dengan berat hanya 10 gram, cyborg ikan pari hanya berukuran sebesar koin

Tim peneliti membuat sirip menggunakan bahan polimer tipis transparan. Dalam sirip tersebut terkandung 200.000 sel jantung (kardiomiosit) yang diambil dari tikus.

Sel-sel otot tersebut telah direkayasa secara genetik untuk meresponi cahaya. Ketika cahaya datang, sel akan berkontraksi dan menggerakan sirip layaknya ikan pari sungguhan. Pergerakannya pun juga dapat diatur dengan frekuensi cahaya.

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Cyborg Ikan Pari yang Benar-benar Terlihat Hidup
Cyborg ini mengikuti dimana cahaya biru datang

Penelitian cyborg ikan pari berhasil, tim peneliti mengatakan mereka sudah selesai dan tidak membuat model yang serupa lagi.

Tetapi fokus Parker adalah jantung buatan untuk manusia. Cyborg ikan pari memberikan gambaran bagaimana jaringan otot hibrida dapat bekerja dengan baik.

Ketika ditanya soal klasifikasi cyborg buatan mereka, Parker menyebut ini bukan organisme, tetapi hidup.

Sumber: Science Alert