Ili Wearable Translator
Perangkat bernama Ili ini dapat menerjemahkan kalimat sederhana tanpa koneksi internet

Nama Ili seketika terkenal di internet setahun silam. Perangkat tersebut berperan sebagai penerjemah bahasa dengan dimensi fisik sebesar flashdisk. Namun daya tarik utama Ili berada pada kemampuan terjemahannya yang sama sekali tidak melibatkan koneksi internet atau smartphone. Semua informasi bahasa sudah dirangkum di dalamnya.

Setelah “menghilang” dalam waktu yang cukup lama untuk proses pengembangan, Ili akhirnya tampil ke publik dengan kabar yang menggembirakan, setidaknya untuk para calon konsumen yang sudah lama menunggu.

Ili Wearable Translator
Dengan berbagai teknologi mumpuni yang diusungnya, Ili tidak akan hadir dengan penawaran hemat kantong

Dilansir situs resmi Ili, penjualan pre-order telah dibuka dan berlangsung mulai 1 hingga 30 Juni 2017. Pada rentang waktu tersebut kamu bisa mendapatkan Ili dengan harga $199 atau Rp 2.6 juta sudah termasuk biaya pengiriman. Sementara itu harga retail nantinya mencapai Rp 3.3 juta per unitnya.

Ili menawarkan penerjemahan cepat. Disokong prosesor kencang, proses input dan output suara hanya berlangsung 0.2 detik. Kecepatan tersebut juga berkat ketiadaan jaringan internet sebab database bahasa sepenuhnya berada di dalam perangkat.

Ili Wearable Translator
Ili hanya bisa menerjemahkan satu arah, apalagi bahasa yang didukung sangat terbatas

Saat ini ada 4 bahasa yang didukung, yakni bahasa Jepang, Spanyol, Mandarin, dan Inggris. Sayangnya setiap perangkat hanya mampu membunyikan salah satu bahasa. Selain itu penerjemah hanya berlaku satu arah, kamu bisa menerjemahkan Inggris ke Spanyol namun tidak bisa sebaliknya.

Menurut pengembang Ili, perangkat difokuskan untuk para traveler yang berada di antara orang-orang dengan bahasa yang tak dikenalnya. Dengan begitu mayoritas frasa Ili berkaitan dengan keperluan wisatawan. Untuk menggunakannya diharuskan menggunakan kata-kata yang sederhana, jika tidak maka Ili akan menolak menerjemahkan.

Ili Wearable Translator
Apakah Ili adalah perangkat yang tepat? Atau justru perlu menunggu lebih lama sampai pengembang mendengar masukan konsumen

Sekali diisi Ili dapat bertahan selama 24 jam. Proses pengisian daya dapat melalui port USB. Walaupun tanpa internet, pengembang mengklaim pengguna dapat menambah output bahasa baru melalui koneksi ke komputer. Namun untuk setiap bahasa baru pengguna harus merogoh kocek kembali.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, apa kamu tetap ingin memiliki Ili?