iLA X Android
Desain smartphone diupayakan mirip iPhone X

Saat ini smartphone Android yang paling mirip dengan iPhone X adalah Asus Zenfone 5 yang diumumkan lewat MWC 2018 kemarin. Pihaknya tidak malu-malu mengakui iPhone X sebagai inspirasi model ponselnya, mulai dari tata letak kamera, desain layar, hingga notch terlihat jelas pada smartphone tersebut.

Sementara Asus Zenfone 5 menawarkan diri sebagai ‘alternatif’ iPhone X yang layak, smartphone bernama iLA X cukup membuat kita geleng-geleng kepala.

Dari sisi depan, smartphone memiliki desain layar yang mirip iPhone X, terutama dari area hitam atau notch tempat kamera dan speaker besemayam. Namun itu bukanlah notch, melainkan bezel biasa yang dibuat seolah-olah mirip notch. Layarnya pun hanya LCD biasa dengan bentuk persegi panjang.

iLA X
Hanya ada satu kamera, dan sisanya adalah pajangan

Berlanjut ke sisi bawah, iLA X masih menyisakan ruang yang lumayan besar untuk sensor sidik jari. Dengan demikian, smartphone ini jelas tidak menawarkan desain bezel-less. Termasuk notch di atasnya hanya sekedar gimmick untuk menarik perhatian.

Terlihat kamera ganda terpasang vertikal di bagian belakang, dipisahkan oleh LED flash yang lagi-lagi mirip iPhone X. Sayangnya, kamera yang beroperasi hanya satu. Sedangkan satu kamera lainnya hanya sekedar hiasan agar terlihat mirip smartphone inspirasinya. Hal yang sama juga dilakukan pada kamera depan.

iLA X iPhone X
Sekilas, iLA X memang berhasil membuat orang mengiranya sebagai iPhone X KW Super

Pihak produsen iLA X pun menegaskan bahwa mereka tidak mengusung sistem kamera ganda. Pemasaran secara jujur mengatakan bahwa smartphone itu hanya dibekali satu kamera, masing-masing untuk depan dan belakang.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android Nougat yang telah dimodifikasi agar tampilannya seperti iOS.

Spesifikasi iLA X

Spesifikasi iLA X
Sistem Operasi Android Nougat 7.0
CPU MTK MT6737 Quad Core, 1.3GHz
GPU Mali-T720 MP1
Penyimpanan Internal 32 GB, slot microSD 128 GB
RAM 3 GB
Layar 5,5 inci LCD 1280 x 640
Kamera Depan 5 MP, belakang 13 MP
Baterai 2.500 mAh
Harga $119

Diambil dari Bangood.

Dengan desain ‘maksa’ mirip iPhone X dan performa standar, iLA X hanya dibanderol seharga $119 atau Rp 1.6 juta di beberapa toko online.

Selain desain mirip iPhone X, tidak ada lagi ciri khas yang dimiliki smartphone ini.