GM Cadillac
Cadillac yang bernaung di bawah General Motors membuat video iklan baru yang menyindir Tesla

Tesla tidak terlalu fokus pada pemasaran kendaraannya. Namun, brand mobil elektrik ini sering menjadi bulan-bulanan manufaktur otomotif lain. Salah satunya dari raksasa General Motors (GM) yang merilis sebuah video iklan baru.

Iklan berdurasi 15 detik itu memperlihatkan mobil terbaru Cadillac CT6 milik GM menyalip mobil Tesla Model S di sebelah kirinya, atau sebelah kanan jika dilihat dari depan. Meski GM sudah menghapus logo Tesla dalam iklannya, namun bentuk mobil sangat mudah dikenali.

Secara garis besar, Cadillac tengah memamerkan teknologi autopilot alias kemudi sendiri khususnya di jalan tol. Menariknya lagi, pengemudi dikatakan boleh melepas tangan dari roda kemudi dan membiarkan mobil mengantarkannya ke titik tujuan.

Hal ini sangat kontras dengan autopilot versi Tesla yang mengharuskan pengemudi setidaknya memegang setir setidaknya 2 menit sekali untuk memastikan ada orang yang siap mengambil alih kemudi saat diperlukan.

Fitur asisten pengemudi bernama Super Cruise tersebut fokus pada penggunaan di jalan tol. Tidak seperti Tesla yang mampu dioperasikan di berbagai jenis jalan. Di sisi lain, Super Cruise juga tetap mengharuskan pengemudi memperhatikan jalan, tidak memainkan gadget selagi dalam perjalanan.

Kemudian, teknologi Super Cruise juga hanya dioptimisasi di area Kanada dan Amerika Serikat. Dengan begitu, hanya bisa dipakai di wilayah dimana sudah dipetakan. Tidak seperti Tesla yang bisa digunakan di mana saja karena memakai peta dari Google Maps.

Meski demikian, bukan berarti sistem autopilot GM terbilang buruk. Faktanya perusahaan ini mendapat poin lebih tinggi ketimbang Tesla dalam segi pengembangan.