Saat ini di kota-kota besar, pembuatan rumah tidak lagi mengacu pada aspek lingkungan. Sangat minim untuk para pemilik rumah untuk tetap memperhatikan dampak dari pembangunan rumahnya.

Sementara kebanyakan orang beranggapan desain rumah modern akan banyak merusak lingkungan, tetapi rumah bernama Casa Candelaria behasil menampik anggapan tersebut.

Ide Desain Rumah Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Tiru
Dari jauh, bentuk rumahnya tampak sederhana bukan?

Demi mewujudkan konsep rumah low-impact, bahan bangunan yang dipakai menggunakan material yang ada di sekitar lokasi dimana rumah akan dibangun. Di saat yang sama ini memberikan penghematan bahan bakar terkait distribusi material dari wilayah yang jauh.

Untuk pembuatan pondasi, bangunan ini tidak memakai paku bumi. Pondasi ramah lingkungan dibuat dengan mengkompresi tanah lembab ke dalam cetakan sebelum kering. Walaupun tidak sekuat beton, namun ini sudah lebih dari cukup untuk sebuah rumah.

Ide Desain Rumah Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Tiru
Perpaduan warna batu dan kayu yang sangat kuat

Aspek keindahan seperti warna menggunakan pewarna alami yang mampu menciptakan suasana berbeda. Terlihat jelas rumah ini punya ciri khas warna sangat natural.

Casa Candelaria dibangun dekat San Miguel de Allende, Meksiko. Arsitek yang mengerjakan ini yakni Cherem Arquitecto mengatakan tetap menggunakan beton dan besi, mungkin untuk alasan kekuatan kerangka bangunan.

Ide Desain Rumah Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Tiru
Casa Candelaria tampak tidak ingin mengganggu kehadiran tanaman di sekitarnya

Kamu tertarik untuk menerapkan rumah ramah lingkungan nan modern ini?

Sumber: Cherem Arquitectos