Aspark Owl
Penantang Tesla Roadster untuk masalah akselerasi (credit: Motor Authority)

Untuk beberapa alasan, akselerasi 0-100 km/jam menjadi patokan utama bagi mobil sebagai landasan performanya di jalanan. Rata-rata supercar dan hypercar kelas atas mampu menembusnya dalam 2-4 detik.

Hypercar elektrik buatan Jepang, Aspark Owl diklaim mencatatkan rekor akselerasi 0-100 km/jam dalam kurang dari 2 detik atau lebih tepatnya 1,92 detik. Angka tersebut mengingatkan kita kembali pada Tesla Roadster generasi kedua yang turut menawarkan performa serupa.

Perlu dicatat, bagi produsen mobil super untuk mencapai akselerasi yang tak lebih dari 2 detik merupakan hal yang agak mustahil. Sementara mobil bermesin elektrik sangat mungkin melakukannya.

Tim di balik Aspark Owl merilis video uji coba akselerasi di sebuah jalanan yang relatif pendek untuk ukuran mobil secepat itu. Menurut Aspark, perusahaan yang merancang mobil tersebut, bobot kendaraan hanya 850 kilogram dengan 430 tenaga kuda dan kecepatan maksimum 280 km/jam. Kombinasi baterai dan supercapacitors mampu membawa mobil hingga perjalanan 150 km.

Aspark sendiri berencana memproduksi 50 unit Owl untuk tahap awal yang masing-masing dibanderol $4,4 juta atau Rp 60 miliar. Sementara Tesla Roadster dengan performa di atas Owl hanya dipatok Rp 3,4 miliar.

Namun, baik Aspark Owl dan Tesla Roadster, keduanya masih belum dirilis dan baru berupa prototipe saja. Video akselerasi 0-100 km/jam Aspark Owl bisa dilihat berikut ini: