Honor V10 Face ID
Usai peluncuran Honor V10, Huawei memamerkan "Face ID" yang akan jadi saingan iPhone X

Face ID merupakan teknologi keamanan berbasis biometrik yang menggunakan kamera TrueDepth untuk memetakan kontur wajah dalam tiga dimensi. Apple dengan berani mengadopsi sistem tersebut ke iPhone X yang kini bisa dipakai untuk mengautentikasi pembayaran.

Meski diklaim aman, tetapi Face ID masih bisa dilolosi dengan wajah kembaran hingga topeng amatir. Dikutip dari Win Future, Huawei dalam peluncuran Honor V10 juga mengumumkan bahwa pihaknya memiliki teknologi serupa iPhone X.

Pengenal wajah tersebut menggunakan kombinasi inframerah dan proyektor untuk membuat peta tiga dimensi dari wajah pengguna. Menariknya, jumlah titik yang ditembakkan adalah 300.000 titik atau 10 kali dari yang dimiliki iPhone X saat ini. Huawei mengklaim hanya butuh 10 detik untuk membangun data wajah yang akurat.

Huawei Animoji
Perbandingan Animoji Huawei dengan Apple

Sama seperti iPhone X, Huawei juga menyiapkan fitur Animoji dengan karakter berbeda. Dari kedua perbandingan yang dipamerkan, Huawei tampak mengungguli Apple dari segi akurasi dan lebih detil.

Mereka juga menyebut fitur keamanan ini dapat digunakan untuk pembayaran dan kecepatannya mencapai 400 ms atau setara sensor sidik jari. Kecepatan ini mengungguli OnePlus 5T yang mana tidak bisa dipakai untuk aplikasi pembayaran.

Walaupun terlihat menjanjikan, saat ini belum ada smartphone yang menggunakan sensor pengenal wajah buatan Huawei tersebut. Mereka masih terus menyempurnakannya agar siap dipakai di masa depan.