Smartphone Layar Lipat
Konsep smartphone layar lipat yang diumumkan beberapa tahun lalu (credit: Business Insider)

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus menjadi varian terakhir dari Galaxy S menyusul Galaxy Note 9 yang akan dirilis pertengahan tahun ini. Lantas apa selanjutnya? Proyek ambisius Samsung tak lain adalah smartphone layar lipat yang diklaim menjadi kekuatan utama Galaxy X. Namun, sepertinya Samsung tidak sendirian.

Dilansir dari ETNews, produsen smartphone asal China, Huawei dilaporkan sedang menyiapkan smartphone yang seluruh bodi dan layarnya dapat dilipat menjadi setengah bagian.

Teknologi layar lipat sejatinya bukan barang baru lagi. Layar AMOLED fleksibel telah dipakai beberapa varian Galaxy S dan Galaxy Note terakhir. Termasuk iPhone X sebenarnya memiliki sedikit bagian layar yang dilipat ke dalam.

Menariknya, Huawei dirumorkan merilis smartphone tersebut pada November tahun ini, lebih awal dari yang dijadwalkan Samsung Galaxy X. Jika hal ini benar, Huawei akan menjadi produsen smartphone layar lipat pertama.

Sayangnya, tidak ada detil soal spesifikasi smartphone dan rincian teknologi yang dipakainya. Selagi Huawei sibuk mengerjakannya, kamu bisa melihat prototipe smartphone layar lipat buatan ITRI berikut ini: