Honda Sports EV
Honda S800 Sports Coupe populer pada 70an kembali hadir dalam format baru

Mobil era 70an akan mudah teramati ketika lewat di jalan sebab desainnya yang sangat berbeda dengan mobil keluaran dekade terakhir. Raksasa otomotif Jepang, Honda memamerkan konsep mobil sport terbarunya di pameran Tokyo Motor Show 2017 yang sedang berlangsung saat ini.

Honda Sports EV mengambil desain identik dengan S800 Sports Coupe yang diluncurkan 50 tahun silam. Honda sukses menggabungkan nuansa retro ke arah modern. CEO Honda, Takahiro Hachigo mengatakan pihaknya berusaha mewujudkan desain yang akan disukai banyak orang untuk waktu yang lama.

Honda Sports EV
Lampu belakang berbentuk kotak tetap dipertahankan, tentunya dengan sudut yang lebih halus

Seperti halnya kendaraan modern-futuristik, mobil menggunakan tenaga listrik dari baterai sebagai sumber energinya. Dikatakan bahwa posisi baterai berada lebih rendah demi menjaga pusat gravitasi tetap di bawah.

Honda sebelumnya telah mengumumkan Urban EV dengan konsep yang hampir sama dengan Sports EV di Frankfurt bulan lalu. Menurut Honda, Urban EV merupakan jenis hatchback dengan kabin luas namun pendekatan yang lebih kompak.

Honda Sports EV
Digadang-gadang akan menjadi salah satu mobil tercanggih dari Honda

Tidak banyak informasi yang bisa digali dari Sports EV mengingat hanya sedikit detil yang dibagikan. Namun yang pasti Honda akan menanamkan kecerdasan buatan bernama Automated Network Assistant untuk “menyatukan” pengemudi dengan mobilnya. AI ini diharapkan semakin memahami kebiasaan pengemudi dalam berkendara.

Sementara Urban EV dijadwalkan meluncur di Eropa dan Jepang pada akhir 2019 atau 2020, Sports EV masih belum punya kepastian. Tetapi peluang untuk merilis secara bersamaan sangat terbuka lebar mengingat desain mobil ini yang masih “bersaudara”.