Di awal abad 21 ini kita diperkenalkan kepada teknologi smart home. Sebenarnya sejarah awal smart home sudah hadir 50 tahun yang lalu. Tetapi ditemukannya internet, WiFi, dan Bluetooth mendorong barang-barang yang ada di rumah memiliki fitur integerasi.

Ada banyak pengembang yang memberi kemudahan bagi orang untuk “mengendalikan” seisi rumahnya lewat perangkat smartphone maupun komputer. Salah satunya adalah Homey, tetapi ia lebih cerdas.

Dirancang Untuk Berbagai Kebutuhan

Homey Membuat Ruangan Menjadi "Hidup"

Homey menjadi media penyaluran perintah terhadap berbagai barang-barang elektronik tertentu yang ada di rumah kamu. Homey terhubung ke jaringan yang sama di dalam rumah, ia memberikan akses perintah baik menggunakan suara maupun dikendalikan lewat smartphone kamu.

Perangkat ini bekerja secara real-time, ia terus aktif selama 24 jam non-stop sehingga pemakainya tidak perlu repot menyalakan Homey kembali. Ketika kamu tiba di rumah, kamu bisa langsung memerintahkan Homey untuk memutar musik.

Homey Membuat Ruangan Menjadi "Hidup"

Aktivitas lain seperti menutup tirai jendela, menonton film, mengingatkan untuk suatu jadwal, pengamanan rumah, bahkan memanaskan makanan juga bisa diperintahkan kepada Homey.

Tentunya dengan syarat kamu juga harus memiliki barang-barang lain yang juga tergolong perangkat cerdas. Homey sudah mendukung banyak brand internasional seperti Samsung, Google, Philips, Sonos, Plex, Logitech, dan lainnya.

Semua Menjadi Satu

Homey Membuat Ruangan Menjadi "Hidup"

Homey memang terlihat seperti pengendali rumah karena bisa melakukan beberapa hal yang diperintahkan oleh pemilik rumah. Tetapi sebenarnya Homey hanyalah benda untuk menyatukan semua perangkat pintar di dalam rumah.

Meninggalkan rumah juga menjadi lebih aman karena Homey juga memiliki jaringan internet, itu artinya si pemilik rumah dapat mengontrol Homey dari jauh menggunakan smartphone.

Saat ini Homey sudah mulai diproduksi secara massal dan dapat dipesan dengan harga sekitar €299 atau Rp 4.5 juta Rupiah. Pemesanan dapat dilakukan di website pengembang, Athom.
Biaya untuk memiliki perangkat pintar ini memang cukup tinggi tetapi aktivitas di rumah kamu menjadi lebih efisien.