Hingga saat ini, dilaporkan belum ada teknologi hologram yang benar-benar seperti film fiksi ilmiah. Pada 2015 lalu diciptakan sebuah perangkat table hologram bernama Holus. Meski sudah tampak realistis, faktanya alat tersebut tetap butuh kaca khusus berbentuk prisma sebagai media yang membentuk objek hologram.
Bisa dikatakan teknologi hologram untuk saat ini memang masih menggunakan kaca berbentuk limas untuk menyalurkan format visual 2, terangkat seperti hologram.
Namun untuk bisa merasakan sensasi hologram, kamu tidak perlu harus membeli Holus yang harganya jutaan Rupiah.
Kamu hanya memerlukan smartphone beserta Pepper Ghost Pyramid.

Sangat Sederhana

Hologram Murah Meriah? Coba Pepper Ghost Pyramid

 

Sebelum kita masuk lebih dalam, Jeff Nybo selaku dalang dibalik Pepper Ghost Pyramid mengakui bahwa ia terinspirasi dari salah satu video yang diunggah oleh Mrwhosetheboss.
Dalam video tersebut, Mrwhosetheboss memanfaatkan CD case sebagai elemen yang mampu memvisualisasikan objek menjadi hologram. Tentunya dengan bantuan smartphone.
Jeff yang memiliki laser pemotong segera membuat model yang sama namun lebih rapi dan mampu memproduksi lebih banyak.
Akhirnya terciptalah Pepper Ghost Pyramid yang selanjutnya ia perkenalkan pertama kali lewat laman Kickstarter, sekaligus menjadi lapak jualan miliknya.
Uniknya, Jeff hanya menargetkan pencapaian dana sebesar $1. Tetapi hasil yang didapat luar biasa besar. Jeff sukses menerima dana sebesar $7.669, ia memanfaatkannya untuk proses manufaktur dan suplai bahan baku.

Boleh Beli, Boleh Bikin Sendiri

Hologram Murah Meriah? Coba Pepper Ghost Pyramid
Jeff mematok harga sebesar $9 untuk setiap satu set. Produknya menggunakan pemotongan yang lebih rapi serta instan dalam pemakaiannya.
Namun berdasarkan video yang diunggah oleh Mrwhosetheboss maka dengan bahan seadanya kamu sudah mampu menciptakan hologram sendiri.

 

 

Objek hologram hanya bisa dilihat dari sudut pandang samping kaca, tidak akan terlihat jika kamu menatapnya dari atas.
Sambil menunggu inovasi baru dari dunia hologram, tak ada salahnya mencicipi trik yang satu ini.