Ketika kamu melihat aspal atau roda mobil, siapapun akan sepakat bahwa warnanya hitam. Namun warna hitam saja tidak cukup untuk mereduksi refleksi pada teleskop ruang angkasa.

Surrey NanoSystem merilis lapisan Vantablack cat semprot super hitam duta tahun lalu. Kini cat tersebut memungkinkan dipakai untuk penggunaan konvensional.

cat paling hitam, vantablack, cat hitam,
Kertas aluminium yang dicat Vantablack

Cat Vantablack dibuat dari karbon yang mampu menyerap cahaya hingga 99,965 persen. Angka ini sudah cukup untuk membuat objek tiga dimensi yang dilapisinya terlihat seperti benda datar berwarna hitam pekat.

Sementara versi lainnya Vantablack S-VIS hampir sama baiknya, mampu menyerap 99,8 persen cahaya tampak, ultraviolet, dan inramerah.

cat paling hitam, vantablack, cat hitam,
Objek tiga dimensi terlihat seperti datar

Menurut Surrey NanoSystems sendiri, cat buatannya diklaim 17 kali lebih baik dalam menyerap cahaya dibanding jenis cat yang digunakan pada teleskop Hubble.

Cat semprot Vantablack bisa diaplikasikan untuk berbagai material, namun ditargetkan terutama untuk aplikasi udara atau darat. Sektor industri kamera juga bisa memanfaatkan Vantablack untuk keperluan pemotretan.

cat paling hitam, vantablack, cat hitam,
Vantablack tidak menyerap air

Vantablack tahan hingga suhu 200 derajat celcius, ia juga bersifat hidrofobik sehingga cocok untuk melapisi benda-benda yang rentan rusak karena air.

Pihak perusahaan hanya mengizinkan pembelian khusus untuk aktivitas produksi. Jadi kamu tidak bisa hanya membeli hanya satu kaleng saja.


Sumber: Surrey NanoSystems