CrossHelmet
Helm bergaya futuristik ini gabungkan fitur HUD

Masalah blind spot sering menjadi penyebab kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor. Kaca spion yang terpasang seringkali tidak memberikan area pandangan yang cukup untuk mengantisipasi pengguna jalan di belakang. Berkat pengembangan teknologi, kini kamera dapat dibenamkan pada helm dan mengirim sinyal live video ke hadapan mata pengguna.

Sebuah perusahaan desain asal Jepang mengumumkan helm pintar bernama CrossHelmet. Fitur utama pelindung kepala ini adalah kamera di sisi belakang yang dapat memberikan gambaran kepada pengendara melalui kaca khusus head-up-display (HUD) yang hampir mirip dengan augmented reality (AR).

CrossHelmet
Sudut pandang pengendara motor

Helm berjenis full face ini juga memiliki fitur unik, yakni noise cancelling dimana pengguna bisa mengatur suara apa yang bisa masuk ke dalam helm dan terdengar jelas. Misalnya, mencegah suara bising dari mesin, tetapi tetap mampu mendengar klakson.

CrossHelmet dibekali Bluetooth untuk bisa terhubung dengan ponsel Android dan iPhone. Pihak perusahaan mengatakan akan banyak fitur digital yang bisa diintegerasikan dengan helm ini, misalnya navigasi, telepon, hingga komunikasi dua arah dengan penumpang.

CrossHelmet
Sudah ada konsep helm dengan kamera belakang dan HUD di pasaran yang sayangnya tidak begitu sukses

Desain helm diperkaya oleh lekukan tegas yang membuatnya mirip dengan helm yang dipakai karakter fiksi ilmiah dalam video game dan film. Tidak mengherankan sebab perusahaan yang menginisiasi proyek tersebut adalah perusahaan desain. CrossHelmet juga memiliki pita LED di sisi luar untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan lain.

Konsep yang dipaparkan CrossHelmet cukup mirip dengan helm Skully yang diperkenalkan pada 2016 lalu. Helm tersebut juga membawakan kaca HUD, namun tidak mendapat banyak feedback positif seperti yang diharapkan.

CrossHelmet tengah dalam masa pengembangan dan akan dirilis pada awal 2019. Satu unit helm bakal dihargai $1.799 ketika sampai di retail, dan $15.99 untuk masa pre-order.