Nama Bose muncul di halaman media sosial berkali-kali. Hadir di bidang otomotif, Bose membawa perubahan signifikan terhadap sistem suspensi yang ditanamkan pada kendaraan roda empat.
Suspensi mobil pada umumnya akan mengguncang penumpang ketika melewati jalur yang bergelombang. Namun lain halnya ketika Bose menunjukan kemampuannya.
Melalui video yang dirilis CNET, mobil yang menggunakan sistem suspensi Bose dapat berjalan sangat halus meski di permukaan yang tidak rata.
Melalui pendekatan elektromagnetik, suspensi ini dapat mengatur bagaimana mengatur gerak antara roda dengan mobil mobil agar tetap stabil. Teknologi ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Bose pada tahun 1960an.
Hebatnya Suspensi Bose Membuat Mobil Tetap Berjalan Halus
Contoh mekanisme sederhana Bose ketika roda melalui lubang, maka motor listrik akan memanjang sebagai bentuk penyeimbangan mobil. Bahkan saat bermanuver (berbelok) sistem ini tetap aktif sehingga mobil tidak miring ke samping.
Fakta unik dari Bose ialah algoritma matematika yang dipakai, sebelumnya telah mengalami pengembangan selama 24 tahun agar tercapai hasil yang maksimal.
Walaupun cukup menarik untuk diterapkan secara komersial, harga dari suspensi Bose tergolong tinggi sehingga kurang menarik produsen mobil untuk mengadopsinya.
Sumber: Autoblog