Conduit Sports
Sebuah inovasi headset untuk mencegah isolasi diri saat menikmati musik favorit

Bagi sebagian orang mendengarkan musik lewat headset memberikan kualitas suara yang lebih baik dibanding menggunakan speaker. Tetapi ada konsekuensi dari penggunaan headset ketika kamu tidak sedang sendirian. Ya, kamu akan kesulitan mendengar suara di sekitar, misal saat ada teman memanggil atau telepon berdering.

Semakin kencang volumenya semakin kecil potensi suara sekitar masuk ke telinga. Kabar baiknya para inovator di luar sana sudah mulai mengembangkan headset berteknologi bone conduction.

Bone conduction adalah penyaluran suara lewat tulang sehingga tidak menutupi lubang telinga, dan Conduit Sports tengah mengerjakan proyek ini. Mengusung penggalangan dana di Kickstarter, startup asal Sydney tersebut mengenalkan headset model backphone yang memungkinkan kamu tetap mendengar lingkungan selagi menikmati musik.

Conduit Sports
Menggunakan headset ini layaknya mendengarkan musik dari speaker konvensional

Bagaimana cara kerjanya? Speaker khusus ditempatkan di atas telinga, ketika musik dimainkan maka getaran suara dialirkan ke tulang telinga bagian dalam hingga akhirnya sampai ke sensor pendengaran dan diterjemahkan oleh otak sebagai suara.

Conduit Sports
Orang lain pun tidak perlu lagi berteriak untuk berkomunikasi

Selagi menggunakan Conduit Sports lubang telinga tetap dalam keadaan terbuka. Dengan demikian kamu tetap akan peka terhadap lingkungan. Headset ini sangat membantu pengendara yang ingin mendengarkan musik namun tetap waspada terhadap situasi lalu lintas.

Headset dengan koneksi Bluetooth 4.2 ini juga menyediakan fitur In-Ear Earphones yakni add-on khusus jika kamu ingin menikmati musik secara penuh tanpa diganggu suara sekitar. Baterai internal dapat siaga selama 8 hari dengan waktu penggunaan sekitar 6 jam. Untuk pengisian memerlukan waktu 2 jam.

Conduit Sports
Tambahan earbuds apabila benar-benar tidak ingin diganggu suara dari luar

Pihak Conduit Sports menjelaskan headset yang mereka buat mendekati penyelesaian. Mereka mengklaim telah memiliki prototipe yang bekerja, juga menyabet penghargaan dari Red Dot dan Good Design Awards.

Rencananya Conduit Sports akan memulai manufaktur pada Juli mendatang dan pengiriman perdana kepada para pemesan akan dilakukan pada November tahun ini.