Apple Park
Diameter lingkaran bangunan 'UFO' mencapai 456 meter

Apple Park Campus sebentar lagi menjadi markas besar Apple yang dapat menampung 12.000 karyawan di gedung utamanya. Mulai dibangun pada November 2013, kini kompleks seharga $5 miliar tersebut hampir mendekati tahap penyelesaian.

Sebuah video yang diunggah videografer udara Duncan Sinfield melalui kanal Youtube-nya menunjukkan update konstruksi pada Januari 2018. Ia telah mengabadikan tahapan pembangunan sejak Agustus 2015 lalu, saat bangunan masih jauh dari konsep yang dibayangkan.

Dalam video tersebut terlihat bangunan utama berbentuk UFO telah selesai. Di area taman sudah terpasang kolam, jalur pejalan kaki, dan fasilitas eksklusif lainnya. Sebagian besar alat berat pun sudah disingkirkan dari sana. Hanya tinggal tersisa sedikit di beberapa titik, namun kantor telah menerima migrasi karyawan sejak April tahun lalu.

Apple Campus
Secara garis besar hanya tinggal menunggu rerumputan dan tanaman tumbuh

Atap Apple Spaceship Campus dilapisi oleh panel surya sehingga gedung bisa beroperasi dengan energi listrik mandiri. Pihaknya juga mengatakan instalasi panel surya yang dipakai disana adalah yang terbesar di dunia.

Sebelumnya Steve Jobs Theatre yang berlokasi di kompleks tersebut sudah dipakai dalam rangka peluncuran iPhone 8 dan iPhone X. Nama Steve Jobs sengaja digunakan untuk menghormati masterpiece Apple yang meninggal pada 2011 akibat kanker pankreas. Jobs juga berperan dalam desain Apple Campus, beberapa bulan sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Berikut video dokumentasi singkat pembangunan Apple Park Campus: