HTC Exodus
Ponsel tersebut juga akan hadir dengan ekosistem mata uang digital (credit: HTC)

Blockchain menjadi istilah teknologi yang mulai populer belakangan ini. Bitcoin, Litecoin, Dashcoin, dan cryptocurrency atau mata uang digital lainnya mengandalkan teknologi tersebut. Blockchain membuat suatu sistem menjadi sangat aman, pasalnya semua ‘mata’ akan mengawasi di tiap-tiap block. Menariknya, produsen smartphone HTC berencana memboyong kemampuan ini pada ponsel mereka.

Dijuluki Exodus, smartphone high-end ini akan memiliki fitur Blockchain yang mana difokuskan untuk keamanan, enkripsi, dan dukungan mata uang digital.

Bagi kamu yang belum paham tentang cara kerja Blockchain, percayalah, tidak begitu sulit untuk memahaminya. Blockchain bagaikan buku kas yang dipegang oleh setiap anggota kelompok. Semua informasi yang tersimpan di dalamnya sama sehingga apabila ada salah satu yang dipalsukan dengan cara diretas, anggota lain akan mengetahuinya.

Blockchain sangat mungkin diaplikasikan di berbagai layanan, seperti internet, komunikasi, bahkan video game online. HTC sendiri berharap bisa ikut terjun dalam tren ini.

Setiap ponsel Exodus akan bertindak sebagai block di jaringan Blockchain. Ini membuat data (sensitif) yang tersimpan di dalamnya tidak dapat diganggu gugat atau dengan kata lain sangat aman.

HTC juga berencana membenamkan sebuah aplikasi bernama “DApps”, aplikasi desentralisasi dimana setiap informasi yang masuk akan diverifikasi oleh pengguna. Menariknya, pengguna akan mendapat reward berupa cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum. Kedua mata uang digital tersebut dikabarkan bakal sangat lekat dengan ekosistem Exodus.

Sejauh ini, belum banyak informasi yang dapat digali soal spesifikasi smartphone HTC Exodus. Tetapi, yang pasti ponsel akan menjalankan Android, layar sentuh, satu kamera belakang, satu slot SIM, dan slot MicroSD.

“Visi kami adalah untuk memperluas ekosistem Blockchain dengan merancang ponsel pertama di dunia yang didedikasikan untuk aplikasi desentralisasi dan keamanan.” tulis HTC.

Hingga kini belum ada tanggal rilis dan harga dari HTC Exodus. Perusahaan baru sekedar membangun website teaser untuk produknya. Terlepas dari itu, ambisi HTC untuk membawa Blockchain ke dunia ponsel sangat menarik untuk dipantau.