Gorilla Glass 6
Kesal dengan layar yang gampang pecah? Gorilla Glass 6 diklaim lebih kuat dari pendahulunya (credit: Pexels)

Saat ponsel jatuh dalam posisi layar menghadap ke bawah, sang pemilik segera mengambilnya dari tanah sambil berharap tidak ada bagian layar yang pecah atau retak. Bagi yang kurang beruntung, mereka terpaksa harus mendatangi pusat reparasi untuk mengganti komponen layar. Dalam beberapa kasus, biaya penggantian bisa nyaris menyamai ponsel itu sendiri.

Sebagai produsen pelindung layar, Corning kembali merilis iterasi terbaru dari jajaran Gorilla Glass. Lewat pengumumannya, Gorilla Glass 6 mendapat sejumlah improvisasi yang membuatnya semakin kuat dan tahan lama.

Tim menguji beberapa skenario kejatuhan ponsel dan menyimpulkan layar yang dilindungi Gorilla Glass 6 dapat bertahan setidaknya 15 kali benturan dari ketinggian 1 meter. Angka tersebut merupakan rata-rata, sehingga dalam aplikasi di dunia nyata mungkin akan lebih tinggi atau lebih rendah.

Pihak Corning menjelaskan mereka menggunakan bahan kimia khusus yang berfungsi merapatkan lapisan kaca, membuatnya lebih padat dan keras namun tetap pada ketebalan yang sama.

“Gorilla Glass 6 seluruhnya terbuat dari komposisi kaca baru yang diperkuat secara kimia untuk menghasilkan tingkat tekanan yang lebih tinggi dibanding pada Gorilla Glass 5,” kata Dr. Jaymin Amin selaku kepala pengembangan produk.

Teknik kompresi memungkinkan layar lebih tahan meski jatuh berulang kali. Meski diklaim sangat kuat, ketahanan gesekannya masih setara dengan Gorilla Glass 5. Corning tidak menyebut ada pembaharuan pada bagian ini.

Mengingat Gorilla Glass 6 baru diumumkan sementara sejumlah smartphone sudah dirilis atau direncanakan untuk rilis tahun ini, tampaknya lapisan layar tersebut baru akan dipergunakan pada 2019 mendatang.