Google Chrome

Google tengah mengerjakan pembaharuan tampilan peramban Google Chrome di platform desktop dan mobile. Pihaknya telah merilis Material Design terbaru di Chrome Canary, varian khusus untuk developer pada April lalu. Meski belum dirilis ke publik, kamu tetap bisa mengaktifkan fitur tersebut secara mandiri.

Pada platform desktop, Chrome tampilan baru tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Hanya kini menjadi lebih terang, fluid, dan menggantikan sudut tajam dengan bentuk membulat.

Sementara perubahan pada platform mobile iOS terbilang sangat signifikan. Kontrol navigasi kini terdapat di sisi bawah dan penampilan tab lebih modern.

Google Chrome Tampilan Baru

Jika kamu tertarik mengadopsinya, berikut panduan mendapatkan Google Chrome tampilan baru.

Chrome Desktop

  1. Kunjungi halaman chrome://flags/#top-chrome-md melalui address bar
  2. Pada UI layout for the browser’s top chrome, ubah ke Refresh
  3. Luncurkan ulang Google Chrome untuk dapatkan perubahan

Chrome iOS

  1. Menuju ke chrome://flags/#top-chrome-md
  2. Pada UI Refresh Phase 1 pilih Enabled
  3. Luncurkan ulang Google Chrome untuk melihat perubahannya

Perlu dicatat bahwa Google baru merilisnya secara resmi ke Chrome Canary, bukan Chrome versi komersial. Meski tampilan baru dipastikan juga diboyong ke publik, namun sistemnya belum sepenuhnya stabil sehingga mungkin kamu mendapatkan glitch atau error tak terduga.

Hingga kini Google belum mengumumkan jadwal perilisan resmi Material Design terbaru. Namun biasanya Chrome menginstal pembaharuan di sistem latar sehingga pengguna bisa merasakan desain baru seketika.