Google DeepMind AI
Tim dari laboratorium Google tengah membuat kecerdasan buatan yang mampu membayangkan hasil suatu keputusan

Ilmuwan percaya suatu saat kecerdasan buatan mampu berimajinasi dan mengambil keputusan untuk masa depan berdasarkan pengalamannya. Bagi manusia tentu bukan hal sulit, tetapi akan menjadi suatu pencapaian besar bagi robot.

Tim dari Google yang bekerja di laboratorium DeepMind mengatakan mereka sedang membangun kecerdasan buatan (AI) yang mampu membayangkan hasil dari suatu tindakan tanpa melakukannya. Dalam penjelasannya tim ilmuwan menggunakan ilustrasi sebuah gelas di pinggir meja.

“Ketika sebuah gelas berada di tepi meja, kita akan membayangkan apakah gelas tersebut cukup stabil atau terjatuh. Atas imajinasi itu, kita akan menyesuaikan posisi gelas supaya tidak terjatuh” jelas ilmuwan dalam posting di blognya.

Google DeepMind AI
Robot bisa memiliki “firasat” untuk dijadikannya alasan pengambilan keputusan

Dengan demikian AI dapat memperkirakan kejadian yang akan datang berdasarkan bayangan yang dimilikinya saat ini. Tim melakukan pengujian dengan video game lawas bernama Sokoban, dimana pemain harus menyelesaikan puzzle dengan memindahkan blok tanpa menghalangi blok lainnya.

AI DeepMind terlebih diberikan peraturan permainan dan tujuannya. Kemudian mengontrol karakter untuk memindahkan blok ke tempat yang benar. AI harus membayangkan konsekuensi atas pemindahan suatu blok, apakah benar atau justru menghalangi jalur untuk blok lain.

Hasil pengujian mengatakan AI dapat menyelesaikan 85 level dengan baik. Meski demikian sistem ini masih sangat awal dan belum merepresentasikan imajinasi kompleks layaknya dunia nyata.

Berikut video bagaimana AI menyelesaikan video game Sokoban: