Google Images
Tombol View Image/Lihat Gambar dihilangkan dari pencarian Google

Apabila kamu menggunakan fitur pencarian gambar “Google Image” dalam beberapa hari terakhir, pasti kamu menyadari ada sesuatu yang hilang dari sana. Mesin pencari terbesar di dunia tersebut melenyapkan tombol “View Image” pada gambar setelah diklik. Imbasnya, pengguna tidak bisa melihat gambar langsung ke tautan aslinya.

Perubahan ini harus diakui menyebabkan rasa frustasi pengguna yang terbiasa memanfaatkan tombol tersebut. Google sebelumnya mendapat tekanan dari fotografer dan pemegang lisensi gambar yang sering “kecolongan” karena pengguna dapat dengan mudahnya mengambil gambar tanpa izin.

Alih-alih langsung menuju tautan gambar, pengguna hanya memiliki opsi “Visit Site” untuk mengunjungi situs pengunggah gambar untuk mengunduhnya.

Namun, tidak semua situs mengizinkan gambarnya diambil pihak lain. Sebagian hanya memberikan gambar beresolusi kecil, sebagian lagi seperti situs lisensi foto mengharuskan seseorang membeli lisensinya sebelum bisa mendapatkan gambar yang mereka mau.

Langkah ekstrim yang diambil Google, seperti dikutip dari The Verge merupakan jawaban atas upaya perlindungan hak cipta fotografer, termasuk dorongan dari situs penyedia foto Getty Images. Spontan, Google mendapat terpaan protes pada pengumumannya lewat Twitter.

“Hari ini kamu meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu pengguna terhubung dengan situs yang berguna. Ini termasuk menghilangkan tombol View Image. Tombol Visit tetap ada, jadi pengguna bisa melihat gambar di dalam halaman web yang memilikinya.” tulis Google, pada tweet yang dirilis 16 Februari kemarin.

Meski menguntungkan bagi fotografer dan pemilik situs penyedia gambar, tetapi sangat jelas mengorbankan kenyamanan pengguna. Cara lain yang bisa kamu lakukan ialah mengunduh langsung dengan klik kanan lalu simpan gambar di halaman Search Images, sayangnya cara ini tidak relevan bagi yang membutuhkan gambar beresolusi besar.

Bisa jadi, kekurangan ini dimanfaatkan oleh pesaing terdekatnya, Bing yang masih menyediakan opsi View Image.