Google Lunar X-Prize

Pendaratan manusia di Bulan mungkin akan vakum untuk beberapa tahun ke depan. Namun pendaratan robot kendaraan (rover) di Bulan masih menjadi daya tarik. Bahkan raksasa IT seperti Google mengadakan kompetisinya.

Google Lunar X-Prize adalah perlombaan bagi saintis dan insinyur untuk menciptakan rover yang akan didaratkan di Bulan.

Tidak main-main, total hadiah dalam kompetisi ini mencapai $30 juta atau sekitar Rp 400 miliar. Angka yang fantastis hingga menarik belasan tim dari beberapa negara untuk merebutnya.

Syaratnya para kontestan harus mendaratkan robot ciptaannya di Bulan. Kemudian berjalan setidaknya 500 meter serta mentransmisikan gambar dan video HD ke Bumi.

Robot dari tim Hungaria sedang ujicoba di pantai
Robot dari tim Hungaria sedang ujicoba di pantai

Selain tim independen, ternyata salah satu perusahaan mobil seperti Audi juga turut membantu merancang robot bernama Audi Lunar Quattro. Bisa dibilang desainnya paling elegan dibanding robot lainnya.

Audi Lunar Quattro bersama 3 orang dari tim saintis Jerman
Audi Lunar Quattro bersama 3 orang dari tim saintis Jerman

Setidaknya ada 16 tim dari sejumlah negara seperti Brasil, Kanada, Chili, Jepang, Israel, Italia, Malaysia, India, dan Amerika Serikat.

Mereka harus segera mendaratkan proyeknya sebelum akhir Desember 2017. Tentu saja siapa yang menjadi pertama akan mendapatkan hadiah utama.

Sumber: Google Lunar X-Prize