Belajar pemograman biasanya ditujukan untuk kalangan siswa sejak bangku sekolah menengah kejuruan hingga program studi di sebuah fakultas. Singkatnya, pemograman komputer baru bisa dipelajari ketika usia sudah dewasa.

Google dengan berani memperkenalkan Project Bloks, mainan untuk anak-anak yang menjadi media untuk mempelajari algoritma pemograman.
Prinsipnya sederhana dan disesuaikan untuk anak, ia terdiri atas beberapa blok yang masing-masing punya fungsi sendiri. Blok-blok tersebut dapat dibongkar pasang dan mampu menjadi rangkaian tertentu.
Sebagai contoh komposisi blok tertentu bisa untuk mengaktifkan speaker, menyalakan lampu, hingga menggerakan mobil mainan.
Google Bikin Mainan untuk Ajari Anak Belajar Pemograman

 

Project Bloks murni mengadopsi prinsip pemograman yang sebenarnya dan diimplementasikan dalam mainan anak-anak. Tujuannya, Google berharap akan melahirkan programmer handal di masa depan.
Meskipun produk ini cukup menarik, Google belum memberikan detil harga dan kapan perilisannya. Di samping itu, sebelumnya perusahaan Fisher Price telah merilis mainan serupa dengan harga $50 atau Rp 600 ribuan.
Terlepas dari itu, Google berusaha untuk menjaga harga agar tetap terjangkau.


Sumber: Project Bloks, Yahoo News