Datally Google
Google rilis aplikasi penghemat data khusus untuk Android

Sebagai bentuk memperkaya potensi Android, Google merilis aplikasi penghemat kuota yang diklaim dapat mereduksi konsumsi data hingga 30 persen. Aplikasi bernama Datally ini sebelumnya sempat diperkenalkan pada Juni lalu dengan nama Triangle. Kini aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui Google Play Store secara global.

Datally memantau semua bandwidth aplikasi yang terinstal pada perangkat Android kamu. Dengan menggunakan VPN, aplikasi akan memberikan informasi berapa banyak data yang terpakai. Selain itu, kamu juga bisa mematikan sementara Datally misalnya untuk keperluan download file besar.

Tidak peduli terhubung dengan jaringan ponsel atau WiFi, aplikasi tetap berusaha menghemat sebanyak mungkin. Sementara itu tampilan website pada browser tetap berjalan mulus.

Datally menyediakan peta jaringan WiFi di sekitar pengguna yang sudah terpercaya, alias bukan WiFi jebakan. Fitur ini sekilas mirip dengan Find WiFi yang dikembangkan oleh Facebook. Pencarian WiFi otomatis sangat memudahkan terutama saat sedang dalam perjalanan atau tempat asing.

Meski menggunakan paket unlimited, ada baiknya untuk tetap menghemat data sebab semakin minimal transaksi data, lebih sedikit energi yang dikeluarkan baterai. Saat ini Datally bisa diunduh gratis via Play Store untuk perangkat Android 5.0 Lollipop atau lebih tinggi.

Berikut video penjelasan Datally oleh Google: