Google Assistant
Google Assistant disebut-sebut akan jauh melampaui Apple Siri

Fitur asisten digital Android, yakni Google Assistant terus mengalami perkembangan signifikan sejak dirilis 2016 lalu. Dalam ajang tahunan Google I/O 2018, anak perusahaan Alphabet tersebut memamerkan kemampuan terbaru Assistant yang membuat tamu dan pers takjub.

CEO Google, Sundar Pichai mengatakan bahwa tidak lama lagi Google Assistant dapat melakukan panggilan telepon untuk kepentingan pemiliknya. Pria berkebangsaan India-Amerika ini turut memberikan contoh bagaimana kecerdasan buatan mampu berkomunikasi dengan orang.

“Halo, ada yang bisa saya bantu?” kata wanita di balik telepon, lalu Google Assistant pun menjawab “Hai, saya ingin melakukan pemesanan perawatan rambut wanita untuk klien, saya harap bisa dilakukan pada 3 Mei.”

“Tentu, tunggu sebentar.” balasnya. Kemudian Google Assistant meresponinya dengan gumam “MM-hmm”. Sontak, jawaban tersebut disambut tawa oleh para tamu yang hadir disana.

Lewat jawaban sederhana tersebut, dapat disimpulkan bahwa sang asisten digital mampu memahami konteks pembicaraan serta memberikan balasan yang ‘manusiawi’. Sekilas hampir tidak disadari bahwa yang melakukan telepon bukanlah orang yang sebenarnya.

Telepon tersebut pun masih berlanjut antara Google Assistant dengan pihak salon yang bernegosiasi soal jadwal klien.

Dalam presentasinya, Pichai menyebut bahwa yang barusan itu adalah telepon sungguhan, bukan rekayasa di balik layar. Selanjutnya, pengguna menerima notifikasi bahwa jadwal sudah dibuat dan hanya perlu menuju salon, sementara prosesĀ booking sudah diambil alih oleh Google Assistant.

Contoh lainnya saat memesan tempat di sebuah restoran kecil, proses negosiasi berlangsung lancar dan Google Assistant tetap bisa mengerti konteks kalimat meski bisa dikatakan, tidak sesuai tata bahasa.

Di sisi lain, Google menambahkan enam profil suara baru yang terdengar lebih natural. Pihaknya sudah memulai update Assistant mulai hari ini, sementara fitur panggilan mandiri baru akan tersedia beberapa minggu mendatang.

Ajang Google I/O 2018 masih akan berlangsung hingga 10 Mei dan masih ada sejumlah produk yang belum diumumkan.