Goodyear Oxygene
Apa jadinya jika setiap kendaraan punya penghasil oksigen sendiri?

Goodyear selama bertahun-tahun terus mengembangkan ide roda kendaraan untuk masa depan. Seperti menghasilkan listrik dari panas, ban bola dengan levitasi magnet, dan implementasi kecerdasan buatan. Tahun ini di Geneva Motor Show 2018, perusahaan mengenalkan ban baru yang cukup unik bernama Oxygene.

Ban tersebut memiliki desain unik dimana strukturnya mampu menyimpan tanaman kecil seperti lumut. Tujuannya adalah mereduksi kadar karbon dan menghasilkan oksigen lebih banyak berkat siklus fotosintesis.

Menurut Goodyear, tanaman tersebut mendapatkan air saat ban melewati jalanan yang tergenang air. Desain terbuka tanpa angin memungkinkan cairan dapat masuk dan membasahi seluruh area ban. Selain itu, perputarannya juga membantu distribusi lebih baik.

Goodyear Oxygene
Roda sudah dibekali kecerdasan buatan, rangkaian elektronik, dan generator listrik sendiri

Perusahaan mengatakan Oxygene mampu menyerap 4.000 ton karbon dioksida per tahun dan menghasilkan 3.000 ton oksigen.

Ban Oxygene sendiri dibuat dari ban bekas yang didaur ulang menggunakan printer 3D. Pihaknya mengklaim strukturnya dibuat agar tahan lama digunakan dan tahan benturan, sembari menjadi wadah bagi tanaman.

Teknologi roda seperti ini masih dalam konsep. Perusahaan belum memiliki prototipe atau rencana untuk memproduksinya secara massal di masa depan. Namun secara keseluruhan, konsep ini sangat menarik untuk direalisasikan.

Berikut video promo Goodyear Oxygene: