Catolet
Toilet otomatis untuk kucing peliharaan

Membersihkan kotoran bakal jadi kegiatan wajib bagi pemilik hewan peliharaan. Namun mayoritas tidak menyukainya karena kotor dan bau menyengat. Sebuah startup bermarkas di Miami menciptakan Catolet, toilet untuk kucing yang secara otomatis membersihkan sendiri usai digunakan.

Catolet memiliki semacam conveyor belt kecil sebagai alasnya. Saat kucing membuang kotoran di atas itu, sensor gerakan akan aktif dan setelah kucing meninggalkan toilet, roda akan berputar menggiring kotoran ke wadah dalam untuk selanjutnya dibuang.

Catolet View
Tampak depan dan belakang Catolet

Selain kotoran, lapisan tersebut bersifat tembus air sehingga air seni dapat jatuh ke dasar toilet dan otomatis ditampung di dalam baskom. Menurut perancang, Catolet terhubung permanen dengan sistem pengairan dan pembuangan di dalam rumah. Jadi, kotoran kucing dibuang ke septic tank rumah.

Pemilik hewan tidak perlu membersihkan toilet ini. Setelah digunakan, Catolet membersihkan dirinya sendiri dan bisa dipakai kembali. Satu-satunya yang harus kamu perhatikan adalah baterai, namun jangan khawatir karena kapasitasnya cukup untuk 3 bulan sebelum akhirnya diisi ulang kembali.

Catolet Cover
Catolet dengan penutup

Idealnya, Catolet dipasang di kamar mandi. Tetapi bisa juga dipasang di tempat lain seperti teras atau sudut ruangan selama terhubung dengan instalasi air dan pembuangan.

Pengembang juga menyediakan semacam nampan untuk melatih kucing buang air di toilet tersebut. Selain kucing, toilet otomatis ini dapat dipakai untuk anjing kecil seperti Chihuahua, Bolognese, Coton de Tulear, Dachshund, dan lainnya.

Catolet saat ini menjalani crowdfunding di Kickstarter dengan menawarkan harga early bird sekitar Rp 2,4 juta per unitnya. Apabila proyek berjalan tepat waktu, produksi massal akan dimulai pada Februari dan pengiriman pada April tahun depan.