General Motors Electric Networked-Vehicle atau GM EN-V sedang dalam tahap pengembangan mobil listrik bermuatan dua penumpang. Mobil ini sendiri dirancang dengan sejumlah teknologi canggih.

Pihak GM mengumumkan proyek ini pertama kali pada 2011 dibawah logo Chevrolet sebagai awal pengujian. Mobil beroda dua ini kemudian mengalami perubahan pada 2014 hingga akhirnya memiliki empat roda.

GM EN-V
Versi pertama dari EN-V dengan dua roda

Dibalik desainnya yang futuristik, EN-V punya kemampuan autonomous yang memungkinkan berkendara tanpa pengemudi, mendeteksi penghalang, parkir otomatis, bahkan bisa kamu panggil dengan smartphone.

Ketika kamu keluar dari mobil, mobil akan langsung mencari tempat parkir sendiri. Bahkan rencananya akan dibuat parkir khusus EN-V.

GM EN-V
EN-V memungkinkan kemudi manual

GPS dan berbagai sensor canggih diimplementasikan, pihak GM memakai sistem The Boss yang ditemukan pada 2007.

Ditenagai oleh dua motor elektrik dan baterai lithium-ion, EN-V dapat menempuh kecepatan 40 kilometer per jam. Baterai dapat diisi di stasiun pengisian atau stopkontak di rumah.

Menariknya, EN-V dapat berkomunikasi dengan mobil lainnya untuk membentuk formasi khusus yang disebut mampu mereduksi konsumsi energi listrik selama perjalanan.

GM EN-V
Dua roda belakang berfungsi sebagai penyeimbang

Kemampuan EN-V lainnya ialah membaca kondisi lalu lintas secara real-time untuk kemudian ditentukan jalur terbaik yang dapat dilalui.

EN-V masih dalam tahap pengembangan, meski begitu prototype dari mobil ini sudah dibuat dalam rangka pengujian.

Sumber: General Motors