Membayangkan agar sebuah instrumen musik yang mencakup beragam alat musik lainnya, hal itu terasa mustahil. Apalagi masing-masing memiliki metode pemakaian yang berbeda sehingga sulit ditemukan bentuk yang kompatibel dengan beragam alat musik.

Meski terasa mustahil, faktanya hal tersebut sudah menjadi kenyataan. Alat bernama Instrument 1 memungkinkan kamu memainkan berbagai jenis alat musik hanya dengan satu buah instrumen.
Artiphon selaku startup yang mengembangkan Instrument 1 telah memulai konsepnya sejak 2011. Di tahun yang sama, versi protitpe sudah diluncurkan dan dari tahun ke tahun terus mengalami perubahan hingga akhirnya diproduksi secara massal.
Seperti apa detil dari Instrument 1 ini?

Cara menggunakan Intrument 1 layaknya memainkan musik bisa

Instrument 1
Hal menarik pada Instrument 1 terletak pada bentuknya yang teramat sederhana untuk sebuah kompleksitas yang dibawanya. Bertanya saja kurang dari satu kilogram.
Jika kamu ingin memainkan gitar, maka gunakan sebagai gitar. Jika ingin memainkan biola, mainkan layaknya kamu memainkan biola. Namun untuk drum, kamu cukup mengetuknya dengan jari.
Mengenai alat musik yang didukung, mencakup gitar, piano, biola, bass, drum, ukulele, sitar, dan banyak lainnya.

Sangat fleksibel, Instrument 1 terhubung dengan iPad dan PC untuk mengatur berbagai konfigurasi musik

Instrument 1
Kelebihan lainnya yang tak dimiliki alat musik konvensional adalah dukungan software. Instrument 1 memberikan kebebasan kepada penggunanya agar bisa mengatur jenis dan mode musik yang disukai.
Kamu yang menggunakan sistem operasi OSX, Windows, atau iOS bisa menggunakan ratusan aplikasi yang didukung oleh Instrument 1. Misalnya seperti GarageBand, Logic Pro, dan Ableton Live.
Dengan aplikasi tersebut, kamu lebih leluasa menyesuaikan suara, tuning, efek, sensitivitas, filter, dan sebagainya.

 

 

Artiphon Instrument 1 telah memasuki tahap manufaktur dan perilisan untuk para backers. Harga Instrument 1 sendiri adalah $399 atau Rp 5 jutaan dengan varian warna hitam dan putih.
Harga yang dipatok ini sebenarnya cukup murah dibanding jika harus membeli drum, piano, gitar, bass, dan biola bersamaan yang mencapai puluhan juta rupiah.
Tertarik? Kamu bisa melakukan pre-order di halaman resmi Artiphon.

Sumber: Kickstarter