Gay AI
Karakteristik wajah antara homoseksual dan heteroseksual

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Stanford menunjukkan bagaimana orientasi seksual dapat dideteksi dari wajahnya. Peneliti merancang kecerdasan buatan (AI) dengan algoritma kompleks yang menganalisa lebih dari 35.000 wajah, baik foto normal dan ekspresif.

Hasilnya didapatkan ciri-ciri wajah homoseksual (gay/lesbian) dan heteroseksual. Peneliti menggunakan dasar Prenatal Hormone Theory (PHT) yang dapat mempengaruhi orientasi seksual seseorang. Hasil penelitian tersebut juga mengungkap hormon itu dapat mempengaruhi karakteristik wajah. Dengan demikian keduanya dapat dihubungkan.

“Secara khusus, laki-laki (heteroseksual) memiliki rahang besar, hidung pendek, dan dahi kecil. Laki-laki gay, cenderung memiliki rahang sempit, hidung panjang, dahi besar, dan rambut wajah lebih sedikit,” ungkap penelitian yang diterbitkan melalui OSF.

“Sebaliknya, wanita lesbian cenderung memiliki wajah lebih maskulin (rahang besar dan dahi kecil) dibanding wanita heteroseksual.”

Gay AI
Titik-titik yang ditandai untuk diidentifikasi oleh AI

Ketika ditampilkan wajah dari gay dan heteroseksual secara acak, AI tersebut dapat menentukan orientasi seksual subjek dengan akurasi 91 persen. Sementara untuk wanita, prediksinya mencapai akurasi 83 persen.

Menanggapi jurnal penelitian ini, otoritas hukum GLAAD, Jim Halloran menyatakan teknologi tidak bisa digunakan untuk mengidentifikasi orientasi seksual seseorang. “Apa yang dikenali teknologi mereka adalah pola sebagian kecil dari gay dan lesbian di situs kencan,” ujar Halloran.

Paham akan potensi respon ini, tim peneliti memberi catatan bahwa studi ini dimaksudkan untuk memberi kesadaran tentang kemampuan algoritma visual yang berhasil dicapai. Mereka telah berdiskusi untuk memutuskan apakah jurnal diterbitkan kepada publik atau tidak.

Meski demikian hasil penelitian tidak bisa digunakan untuk menjustifikasi seseorang, hanya menjadi alat pertimbangan. Pihaknya menambahkan penelitian ini juga dapat diaplikasikan pemerintah untuk mencari sifat seseorang.