SpaceX
Satelit selanjutnya milik Telkom akan berkolaborasi dengan SpaceX

Beberapa bulan lalu Telkom Indonesia baru saja meluncurkan satelit Telkom 3S yang mengandalkan roket Ariane 5 dengan orbit geostasioner. Jauh sebelum itu Telkom ternyata sudah memiliki kontrak dengan perusahaan antariksa ternama, SpaceX untuk mengorbitkan satelit Telkom 4.

Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga mengatakan satelit ini akan menggantikan posisi Telkom 1 yang segera mengakhiri masa tugasnya pada 2022. Roket Falcon 9 akan digunakan dalam misi tersebut, diketahui roket ini dapat membawa muatan hingga ke angkasa dan kembali mendarat dalam kondisi utuh.

SpaceX Falcon 9
Falcon 9, roket jagoan SpaceX yang menjadi tonggak sejarah dunia antariksa

Telkom 4 memiliki kapasitas 60 transponder, 24 diantaranya akan dipasarkan sementara 36 lainnya akan dipakai untuk kebutuhan komunikasi di Indonesia. Perlu diketahui penggunaan satelit di Indonesia sangat tepat sebab secara geografis terdiri dari kepulauan sehingga dibutuhkan teknologi komunikasi yang menjangkau area yang luas sekaligus.

Dilansir CNN Indonesia, biaya peluncuran Telkom 4 dapat dihemat 40% dibanding Telkom 3S. Faktor utamanya tidak bisa lepas dari inovasi SpaceX dengan roket Falcon 9 yang dapat didaratkan kembali. Beruntungnya lagi Space System Loral yang mengerjakan satelit Telkom 4 mematok harga 10% lebih rendah daripada Telkom 3S.

Falcon 9 Landing
Roket yang mendarat kembali memang sejak awal ditargetkan untuk mengurangi biaya peluncuran muatan ke orbit

Selain itu total biaya investasi Telkom 4 hanya $166 juta, berbanding dengan Telkom 3S yang menyentuh angka $215 juta. Dari aspek bisnis tentu SpaceX sangat menguntungkan perusahaan komunikasi milik negara tersebut.

Kepala Proyek Peluncuran Satelit Telkom Tonda Priyanto mengaku komunikasi dengan SpaceX telah terjalin sejak 2010 silam. Penandatanganan kerjasama telah dilakukan di awal 2016 lalu.

Insiden meledaknya roket SpaceX yang membawa satelit Amos 6 milik Facebook pada September lalu ternyata tidak mengganggu kepercayaan Telkom terhadap perusahaan yang dipimpin Elon Musk tersebut. Sebab seusai kejadian itu SpaceX langsung berbenah diri dan kembali sukses mengorbitkan satelit Iridium-1 pada Januari 2017.

Telkom 3S
Satelit Telkom 3S yang sudah mengorbit akan kedatangan pendampingnya tahun depan

Satelit Telkom 4 ditargetkan meluncur pada Juni 2018 untuk ditugaskan bersama Telkom 3S sehingga Indonesia memiliki 144 transponder. Dengan begitu ketergantungan terhadap transponder satelit asing bisa dikurangi.

Tonton video bagaimana SpaceX mendaratkan Falcon 9: