SpaceX Game
Game ini tawarkan sensasi sulitnya mengontrol Falcon 9 saat mendarat

SpaceX untuk pertama kalinya berhasil mendaratkan roket Falcon 9 pada Desember 2015 setelah bertahun-tahun pengembangan dan uji coba. Kemudian sejak 2017, perusahaan yang berdiri sejak 2002 tersebut secara rutin mendaratkan roket usai mengirim muatan pesanan ke orbit Bumi.

Di balik keberhasilan bersejarah ini, SpaceX bersusah payah mendesain roket agar bisa kembali pulang setelah berada di angkasa. CEO SpaceX, Elon Musk pada 2011 lalu sempat menyebut konsep roket ‘daur ulang’ sangat sulit. Sudah ada beberapa percobaan pendaratan roket di masa lalu, tetapi hasilnya tidak memenuhi ekspetasi dan proyek tersebut ditinggalkan begitu saja.

Menariknya, SpaceX beberapa waktu lalu merilis video kompilasi kegagalan yang pernah mereka lakukan dalam proyek Falcon 9. Video itu menggambarkan betapa sulitnya mendaratkan roket setinggi 70 meter itu.

First Stage Landing Simulator
Percobaan mendarat pada kapal

Sekarang kamu juga bisa merasakan tantangan tersebut dalam video game Android bertajuk simulasi.

Game ini bernama First Stage Landing Simulator yang bisa dibuat oleh developer game indie Butterflyware. Desain game hampir akurat dengan mekanisme pendaratan Falcon 9. Kamu harus mengontrol roket agar mendarat pada titik yang telah ditentukan. Terdapat dua tempat yang bisa dipilih, yakni pada kapal (drone ship) dan pada lapangan pendaratan biasa.

Meski kontrol yang ditawarkan sangat minimalis, tetapi jangan mengira kamu akan berhasil mendaratkannya dalam percobaan pertama. Minimnya bahan bakar, landing legs rapuh, dan kemiringan lintasan yang bervariasi memastikan kamu harus berusaha berulang kali sebelum sukses touchdown.

Kamu juga bisa memilih level yang lebih sulit, misalnya kondisi cuaca berangin yang membuat roket menjadi sangat sensitif terhadap perubahan arah.

Kegagalan akan berujung pada ledakan dan harus mengulang kembali. Meski roket sudah menyentuh tanah, kamu harus memastikan posisinya tidak miring supaya salah satu landing legs tidak collapse dan membuat seluruh tubuh roket terjatuh.

Tertarik mencobanya? First Stage Landing Simulator bisa kamu unduh gratis via Google Playstore untuk platform Android 4.0.3 atau lebih tinggi.