Galaxy S9 iPhone X
Seperti iPhone X, Samsung akan menamai Galaxy S10 menjadi Galaxy X (credit: TechRax/Youtube)

Varian Galaxy S telah memegang predikat sebagai salah satu produk smartphone flagship Samsung sejak 2010. Galaxy S8 merupakan yang paling fenomenal berkat perubahan desain signifikan dibanding sebelumnya. Desain sejenis juga akan disematkan pada Galaxy S9 yang dirilis bulan mendatang. Tetapi sepertinya kita tidak akan melihat Galaxy S10 setelah ini.

Sebuah laporan GizChina yang bersumber dari Korea mengatakan Samsung akan menyingkirkan “S” setelah Galaxy S9 diluncurkan. Sebagai gantinya, mereka menggunakan huruf Romawi “X” yang berarti 10. Skema penamaan ini mirip dengan Apple pada iPhone X.

Samsung Galaxy X, kira-kira seperti itulah namanya nanti. Jika rumor ini benar, keputusan tersebut seharusnya cukup masuk akal demi menghindari nama produk yang aneh di masa depan, seperti Galaxy S12 atau Galaxy S17.

Sementara itu Galaxy X sendiri sudah dirumorkan sebagai smartphone pertama Samsung dengan layar lipat. Perusahaan akan berhenti mengeksploitasi Infinity Display dan menggantinya dengan model lipat agar dimensinya lebih luas. Menurut laporan terbaru, Galaxy X paling cepat akan dirilis akhir tahun ini setelah prototipe-nya dikabarkan berhasil beroperasi.

Bagaimana dengan varian Galaxy Note?

Samsung sendiri telah lompat dari Note 5 ke Note 7 agar tetap sinkron dengan Galaxy S. Sementara itu, belum ada kabar apakah Galaxy Note akan mengikuti model yang sama dengan Galaxy S, atau berujung pada skema lain.

Terlepas apapun dari nama yang digunakan Samsung, perusahaan tetap akan merilis jajaran smartphone flagship di masa depan. Galaxy S9 sendiri dijadwalkan meluncur pada 25 Februari mendatang dan dirilis ke pasar sebulan setelahnya.