Microsoft Surface Phone Render
Microsoft tidak mau kalah dengan kompetitor besar seperti Samsung

Smartphone masa depan bukan lagi layar lebar, tetapi layar lipat. Kira-kira asumsi ini bisa diterima mengingat para raksasa teknologi gadget telah mematenkan konsep smartphone lipat. Sebut saja Galaxy X yang diklaim siap meluncur pada 2018, dan Apple juga menyiapkan pesaingnya untuk dirilis 2020.

Raksasa lainnya, Microsoft dirumorkan juga tengah membangun smartphone serupa. Dikutip dari The Win Central, smartphone ini akan dinamakan Surface Phone. Keunggulan utamanya berada pada desain layar lipat yang jika dibentangkan membuat dimensi layar jadi lebih luas.

Pihaknya juga dilaporkan sedang mendesain aplikasi adaptif yang mampu berjalan pada dua layar sekaligus. Dengan begitu kamu mendapatkan mode tablet dan smartphone pada perangkat yang sama. Sayangnya tidak ada detil seputar sistem operasi yang akan dipakai, entah itu Android, Windows, atau sistem operasi baru lainnya.

Microsoft Surface Phone Concept
Desain paten smartphone lipat Surface Phone

Smartphone akan dilapisi kaca secara keseluruhan. Engsel lipat dibuat sangat tipis untuk mencapai desain ramping. Selain itu melalui patennya, Microsoft juga bakal menyematkan teknologi layar OLED.

Alih-alih menawarkan layar lipat seperti yang mungkin akan dibawakan Samsung, Surface Phone tampaknya lebih identik dengan ZTE Axon M dimana dua layar terpisah dapat dibentangkan sejajar. Tetapi mengacu pada konsep, batas antar layar agaknya nyaris tidak terlihat karena engsel dibuat sangat rapat.

Microsoft disebut-sebut siap meluncurkan Surface Phone pada 2018, tahun yang sama dengan debut smartphone lipat Samsung. Namun detil resmi tentang perangkat baru akan tersedia menjelang perilisannya.

Berikut video render Surface Phone berdasarkan rumor: