Pesan ini akan hancur dalam 5 detik. Kalimat itu mungkin sering kamu jumpai dalam film action seperti Mission Impossible. Konteks penghancuran tersebut mengindikasikan bahwa isi pesan sangatlah rahasia.

Percaya atau tidak teknologi tersebut segera menjadi kenyataan setelah tim ilmuwan asal Arab Saudi sukses mengujicobakan prototipe pertamanya.

Prototipe tersebut dapat menghancurkan gadget seperti smartphone hanya dalam 10 detik. Hancur sepenuhnya hingga sebagian besar komponen tidak dikenali lagi.

2 - Gadget dengan Sistem Menghancurkan Diri Segera Jadi Kenyataan
Proses penghancuran tidak melibatkan ledakan

Namun jangan berpikir gadget akan hancur seperti ledakan bom. Salah satu peneliti, Muhammad Mustafa Hussain mengatakan bahan polimer khusus dapat mengembang dan merobek benda dengan cepat.

Hasilnya cukup memuaskan, perangkat yang hancur tidak memungkinkan untuk disusun kembali.

Tim yang bermarkas di King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) menuturkan nantinya perangkat akan ditanam GPS agar dapat hancur ketika mencapai titik tertentu.

Versi prototipe ini setidaknya berhasil menghancurkan chip. Tim KAUST berharap nantinya komponen lain juga dapat dihancurkan.

Pada akhirnya sistem penghancuran sendiri ini diharapkan mencegah pencurian informasi atau perangkat dari pihak yang tidak diizinkan.