OKO

Coba lihat gambar di atas, sekilas mirip dengan Virtual Reality (VR), lengkap dengan headband dan wadah untuk smartphone. Namun asumsi itu sama sekali tidak benar. Gadget tersebut adalah OKO, alat ‘nyeleneh’ yang bisa bantu kamu dapatkan foto sekelas fotografer hanya menggunakan smartphone.

Adalah Shai Goten, perancang OKO yang juga pernah membuat mainan pesawat kertas bermesin PowerUp tahun lalu. Kembali dengan ide baru, ia tetap mempertahankan sisi keunikan yang membuat orang penasaran.

Ide dasar dari OKO sendiri cukup sederhana. Yakni menempatkan mata pengguna sebagai bagian dari kamera atau dengan kata lain, melihat melalui sudut pandang kamera.

Menurutnya perancang, metode ini punya kelebihan dibanding metode tradisional yakni dengan memegang smartphone dan menekan tombol ‘Snap’.

Hasil foto dan video lebih stabil

OKO

Tentu kamu tidak ingin hasil foto terlihat shaky akibat goyangan tangan. Manusia dibekali kepala dan leher yang cukup stabil sehingga pandangan kita pun menjadi sangat halus walau ketika sedang berjalan.

OKO dilekatkan ke kepala yang bertindak sebagai stabilizer saat mengambil gambar maupun merekam video. Hasil pengujian membuktikan bahwa ternyata cara ini cukup ampuh dibanding memegang kamera dengan tangan.

Jepret dari sudut pandangmu

OKO

Pernahkah kamu melihat suatu objek yang indah di mata namun tampak mengerikan di kamera? Sederhananya itu karena sudut pandang kamu dengan kamera tidaklah sama.

Menurut Kfir Ziv, fotografer profesional yang telah berlalu-lalang selama 30 tahun mengaku cukup senang dengan hasil jepretan menggunakan OKO. Dengan alat tersebut, gangguan atau objek lain yang tidak diinginkan bisa dihindari.

“Ketika kamu menggunakan OKO kamu sebenarnya melihat pada frame yang ingin kamu ambil.” kata Ziv.

Lengkap dengan lensa tambahan

OKO

OKO mem-bundling produknya dengan 4 lensa pilihan dari Apexel. Lensa tersebut di antaranya Fisheye, Telephoto, Macro, dan Wide Angle.

Dengan begitu kamu bisa mengambil gambar untuk beberapa jenis skenario seperti objek yang jauh, efek bokeh, sudut pandang lebar, dan gaya foto membulat.

Wadah fleksibel untuk berbagai macam smartphone

OKO

Meski sensitif pada dimensi wadah, OKO menggunakan bahan silikon fleksibel yang bisa merenggang untuk ponsel berbodi lebar. Pihaknya mengatakan smartphone dengan panjang antara 143 mm hingga 162 mm bisa diaplikasikan.

Angka tersebut sudah mencakup rata-rata produk smartphone, tidak peduli dari brand dan manufaktur manapun.

Dibanderol mulai Rp 500 ribuan

OKO

Satu paket dasar OKO tanpa lensa dan tas dijual mulai $39 atau Rp 576 ribu untuk edisi early bird. Sedangkan versi lengkap dijual $150 atau Rp 2,2 juta.

Harga tersebut pastinya akan melonjak signifikan usai masa crowdfunding usai dan memasuki fase penjualan retail.

OKO saat ini menjadi subjek kampanye di Kickstarter dan akan berakhir dalam 2 bulan ke depan. Berikut video promosi dari OKO: