Lamborghini Aventador
SoundRacer membuat suara mobil menjadi mirip Lamborghini

Supercar identik dengan suara mesin yang ‘garang’ berkat mesin V yang umum dipakai pada jenis mobil tersebut. Namun untuk mobil konvensional, sebaiknya jangan berekspetasi suara mesin akan menarik perhatian banyak orang. Menariknya, perusahaan bernama SoundRacer punya solusi untuk masalah ini.

Daripada harus melakukan modifikasi ekstrim seperti mengganti mesin atau membeli mobil baru, SoundRacer menawarkan gadget yang dipasang pada cigarette plug mobil yang bisa membangkitkan dentuman mesin khas supercar.

Alih-alih mempengaruhi mesin, alat tersebut hanya memainkan speaker stereo untuk menghasilkan suara. Uniknya, suara mesin akan menyesuaikan dengan seberapa dalam pedal gas diinjak. Dengan begitu, suaranya akan terdengar natural.

Namun karena menggunakan speaker, praktis orang di luar mobil tidak bisa mendengar suara tersebut. Kecuali jika kamu sedikit membuka jendela untuk membiarkan suara mengalir keluar.

SoundRacer
Wujud dari SoundRacer

SoundRacer juga menyediakan gadget serupa untuk mobil elektrik bernama EVEES (Electric Vehicle Electronic Engine Sound System). Sayangnya diperlukan modifikasi mendalam sebab mobil elektrik memiliki antarmuka yang berbeda dibanding mobil berbahan bakar fosil.

Menurut perusahaan, pengguna bisa merekam suara mesinnya sendiri untuk kemudian diunggah ke SoundRacer. Sementara secara default, sudah tersedia suara dari Lamborghini, Ferrari, Harley, Lexus, dan beberapa model mobil berkelas lainnya.

Harga perangkat SoundRacer berkisar antara $60 hingga $100, sedangkan untuk versi mobil elektrik lebih mahal karena sistemnya yang kompleks, yakni sekitar $300.

Video Tesla Model S yang dibekali suara mesin V12 Ferrari: