Sebuah kebakaran di sebuah hutan di Brazil telah membunuh hewan-hewan yang tinggal di sana. Kemudian paska kebakaran, sekelompok orang yang menamai dirinya Animal Avengers menemukan seekor kura-kura di bekas semak yang terbakar.

Sayangnya, kura-kura yang diberi nama Freddy ini telah kehilangan sebagian besar cangkangnya. Bukan cuma itu saja, setelah bertahan dari api, ia terkena pneumonia dan 45 hari dilewatinya tanpa makan.
Freddy jadi Kura-Kura Pertama dengan Cangkang dari Printer 3D
Cangkangnya habis dilalap api
Dokter hewan yang memeriksa Freddy, Rodrigo Rabello bahkan terkejut atas apa yang dialami oleh kura-kura malang ini.
Melihat kondisi tersebut, tim penyelamat hewan, Animal Avengers yang kebetulan memiliki seorang desainer 3D memutuskan untuk menambal cangkang Freddy.
Freddy jadi Kura-Kura Pertama dengan Cangkang dari Printer 3D
Proses pemasangan cangkang baru untuk Freddy

 

Proses pembuatan cangkang baru untuk Freddy membutuhkan proses yang panjang. Setidaknya tim mengambil 40 foto cangkang asli agar bisa merekonstruksi cangkang yang tepat untuk tubuhnya.
Cangkang ini terdiri atas beberapa bagian seperti puzzle agar mudah dipasang nantinya. Mereka menghabiskan waktu sekitar 50 jam hanya untuk mencetak cangkang lewat mesin printer 3D.
Freddy jadi Kura-Kura Pertama dengan Cangkang dari Printer 3D
Freddy kini menjalani hidupnya dengan cangkang baru
Hasilnya, Freddy kini mendapatkan cangkang baru untuk melindungi tubuhnya. Di sisi lain, Freddy pun dinobatkan menjadi kura-kura pertama yang mendapatkan donasi cangkang yang dicetak printer 3D.
Tak hanya itu, cangkang baru ini juga diberi warna agar terlihat mirip seperti aslinya. Freddy kini tinggal bersama Rabello dan kondisinya dinyatakan semakin membaik. Tim Animal Avengers juga turut senang atas upaya penyelematan ini.

Sumber: Boredpanda