Air menjadi kebutuhan utama setiap makhluk hidup, terlebih lagi manusia yang 60% bagian tubuhnya terdiri dari cairan. Untuk itulah sangat penting mengkonsumsi air setiap hari secara rutin dalam takaran yang dianjurkan.
Salah satu cara untuk mendapatkan air tidak hanya dengan mengambilnya dari perairan, namun sebuah perangkat bernama Fontus menjawab dengan cara yang berbeda.
Fontus adalah botol yang dapat mengkonversi udara menjadi air. Cara kerjanya ialah dengan memanfaatkan kelembapan udara dimana terdapat titik-titik air disana.
Seorang desainer industri asal Austria, Kristof Retezar masih terus mengembangkan alat ini agar bisa segera digunakan secara komersial.

Udara = Air

Fontus, Botol yang Bisa Ubah Udara Menjadi Air

 

Di dalam udara yang lembap mengikat sejumlah air yang sedikit. Namun jika dukumpulkan maka akan cukup untuk mengisi satu buah botol.
Fontus dapat menghasilkan sekitar setengah liter air selama satu jam penggunaan. Cara kerjanya yakni menyedot udara sekitar lalu masuk ke rangkaian hidrofobik pada botol, yang kemudian akan menguap sehingga muncul tetesan air.
Fontus, Botol yang Bisa Ubah Udara Menjadi Air
Air tersebut akan ditampung pada botol pengisi. Untuk menggerakan mesin kecil pada Fontus dibutuhkan energi listrik yang didapat dari panel surya yang lentur.
Jika tidak digunakan, panel surya tersebut dapat digulung mengikuti botol sehingga tidak memakan banyak tempat.

Cocok untuk Pesepeda

Fontus, Botol yang Bisa Ubah Udara Menjadi Air
Saat ini Fontus juga mengeluarkan model lain yang khusus dipasangkan pada sepeda. Selagi bersepeda, kamu juga sembari mengumpulkan air.
Fontus Airo untuk versi standar dan Fontus Ryde untuk ditempel pada sepeda. Keduanya tetap memiliki mekanisme kerja yang sama, hanya saja panel surya Fontus Ryde menyatu dengan tubuhnya.
Jadi, setelah lelah bersepeda tinggal mengambil air yang telah “ditabung” menggunakan Fontus.

 

Fontus memiliki prasyarat khusus agar air dapat dihasilkan dengan maksimal. Suhu terbaik untuk menyerap air berada pada 30-40 derajat Celcius dengan kelembapan 80-90%.
Saat ini Fontus masih terus dikerjakan untuk menyempurnakan bagian filter yang dapat mencegah debu dan partikel lain masuk.
Fontus, Botol yang Bisa Ubah Udara Menjadi Air
Retezar berharap dapat segera mengadakan kampanye penggalangan dana dan Fontus dapat dipasarkan dalam waktu dekat.