Kendaraan futuristik seperti hoverboard mulai menunjukan tunasnya. Terbukti dari sebuah proyek ArcaBoard yang sukses terbang mengangkut manusia.

Kali ini sebuah lompatan teknologi kembali terulang. Seorang juara jet ski, Franky Zapata mengembangkan Flyboard Air yang digerakan oleh mesin jet.
Bentuk Flyboard terbilang cukup kecil. Hanya berupa pijakan untuk dua kaki dengan dan sebuah mesin jet yang menyemburkan tekanan ke bawah.
Meski terlihat meragukan, ujicoba pertama yang dilakukan Zapata dengan Flyboard sukses menuai pujian. Flyboard dapat membawanya terbang dengan cukup lancar di udara.
Zapata memilih untuk terbang di atas permukaan air atas alasan keamanan. Semburan jet yang begitu kencang bisa berbahaya apabila mengenai manusia. Selain itu, ia juga berjaga-jaga jika saja terjadi gagal mesin dan membuatnya terjatuh.

 

Flyboard Air
Akan lebih aman jika terjatuh di air dibanding di atas tanah.

 

Flyboard Air
Semburan jet terlihat begitu keras, panasnya bisa membakar manusia.

 

Pada pengujian pertamanya ini, Zapata terbang hingga ketinggian sekitar 30 meter. Ia juga bermanuver ke berbagai arah dengan lincahnya. Kecepatan maksimal yang didapat mencapai 55 kilometer per jam.
Di atas kertas, Flyboard diklaim dapat mencapai ketinggian hingga 3000 meter dengan kecepatan maksimum 150 kilometer per jam dan durasi terbang selama 10 menit.
Ketika melihat bagaimana Zapata terbang dengan Flyboard, ia nampak seperti Green Goblin dengan kendaraannya yang bisa terbang. Hanya saja Flyboard ini lebih ramping.

 

Flyboard Air
Zapata dengan Flyboard.

 

Melihat bagaimana aksi Zapata bermanuver dengan mudahnya, terkesan akan sangat menyenangkan jika bisa menjajal Flyboard. Tetapi hanya orang profesional yang bisa mengendalikannya.
Zapata masih terus mengembangkan Flyboard agar lebih aman dan nyaman saat diterbangkan. Berikut video pengujian pertama Flyboard:

 


Sumber: Gizmag