Drone yang kita kenal kebanyakan berbentuk quadcopter, yakni memiliki empat buah lengan yang masing-masing terpasang 1 buah baling-baling sebagai mesing pengangkatnya.

Walaupun banyak dipakai, tetapi desain seperti ini ternyata cukup berbahaya. Sebab putaran baling-baling dapat dengan mudah mengenai objek di sekitarnya. Putarannya yang cepat sanggup melukai manusia.
Fleye, sebuah drone dengan desain baru berbentuk bola yang diklaim lebih aman, kuat, dan punya segudang fitur lainnya. Seperti apa Fleye itu?

Drone Teraman di Dunia

Fleye, Drone 'Bola' Paling Aman di Dunia
Fleye mengedepankan keamanan orang lain ketika ia diterbangkan. Untuk itu, desain Fleye berbentuk seperti bola dimana seluruh komponen mekanis tertanam di dalamnya.
Dengan konsep baling-baling internal, tidak perlu khawatir untuk menyentuh Fleye ketika sedang diterbangkan.
Menariknya drone ini hanya punya satu buah baling-baling saja, dimana biasanya drone lain butuh setidaknya dua buah baling-baling.

Smart Drone dengan Sistem Linux

Fleye, Drone 'Bola' Paling Aman di Dunia
Sistem dalam Fleye ternyata mirip dengan smartphone. Ia dipersenjatai oleh dual-core ARM A9, hardware video encoding, dua buah GPU, RAM 512MB, dan semuanya dirangkum dalam sistem operasi Linux.
Hebatnya lagi, drone bulat ini bisa diprogram oleh pilotnya. Kamu diberikan akses untuk memodifikasi algoritma di dalamnya sehingga drone bisa melakukan hal yang diinginkan. Misalnya mengimplementasikan face-detection pada kamera.

Mudah Diterbangkan dan Dilengkapi Beragam Fitur

Fleye, Drone 'Bola' Paling Aman di Dunia
Kontrol Fleye dapat menggunakan aplikasi Android atau iOS. Diklaim ia dapat dengan mudah diterbangkan hanya dengan memilih mode yang dibutuhkan. Menariknya lagi, aplikasi Fleye mendukung penggunaan gamepad sehingga menerbangkan drone terasa menyenangkan.
Untuk kamu yang suka selfie, drone ini juga dilengkapi fitur tersebut. Drone akan terbang beberapa meter, mengambil gambar, kemudian kembali lagi. Kualitas kamera yang ditawarkan sebesar 5 megapixel.
Sedangkan untuk merekam video, kamera bawaan Fleye memiliki resolusi 1080px dengan frame rate 30fps. Kerennya lagi, kamera ini bisa memotret dalam sudut 360°.
Melalui situs resmi Fleye, drone ‘bola’ ini sudah bisa dipesan dan rencananya akan dikirim ke pembeli pada September tahun ini.
Harganya sendiri untuk versi standar dibanderol Rp 12 juta, namun harga ini belum final karena akan meningkat setelah sampai ke retail.