Falcon 9 Block 5
Falcon 9 Block 5 akan buat biaya peluncuran jadi lebih murah

Peluncuran terbaru Falcon 9 adalah dalam misi TESS milik NASA kemarin yang masih menggunakan varian Block 4. SpaceX sendiri tengah bersiap untuk debut Block 5 yang merupakan iterasi tertinggi dari Falcon 9 dimana roket mampu dipakai hingga 100 kali.

Teslarati telah melaporkan Falcon 9 Block 5 sudah berdiri di pusat pengujian roket SpaceX di McGregor, Texas. Roket tersebut sudah melakukan uji static fire untuk memastikan seluruh mesin berfungsi sesuai ekspetasi.

Tubuh roket itu rencananya akan dibawa ke California untuk tahap penyelesaian lalu dipindah ke Kennedy Space Center untuk melaksanakan peluncuran.

Misi perdana Block 5 dirumorkan akan dilakukan pada 4 Mei mendatang sambil membawa satelit Bangabandhu-1 milik Bangladesh Telecommunication Regulatory Commission. Jadwal ini seharusnya berlangsung pada awal April lalu, namun seperti biasa, SpaceX memang sering telat untuk urusan jadwal peluncuran.

Falcon 9 Block 5 hanya memerlukan refurbishment yang sangat minimal sehingga sangat efektif untuk mengurangi biaya. Bahkan SpaceX bisa saja hanya perlu satu roket untuk menjalankan seluruh misi dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai contoh, kaki pendaratan roket kini bisa ditarik lagi ke posisi semula. Sedangkan versi sebelumnya mengharuskan keempat kaki diputus untuk kemudian disambung lagi saat akan diluncurkan.

Falcon 9 Block 5 akan sangat membantu SpaceX dalam pendanaan untuk roket yang lebih besar bernama BFR. Di satu sisi, mungkin saja roket akan mendarat dengan balon raksasa seperti yang telah dikabarkan sang CEO, Elon Musk.