Messenger Kids
Anak-anak terlanjur pakai smartphone? Sebaiknya gunakan aplikasi ini

Facebook merilis aplikasi pesan instan Messenger khusus untuk anak-anak berusia antara 6 hingga 12 tahun. Dijuluki Messenger Kids, aplikasi ini dirancang khusus dengan fitur-fitur yang sesuai untuk anak dengan umur tersebut.

Sama seperti aplikasi Messenger biasa, pengguna dapat berkirim pesan, foto, GIF, video, dan filter kamera yang tentu saja bertema anak-anak. Menariknya, Facebook menyediakan fitur parental control alias kontrol orang tua dimana hanya teman yang disetujui saja yang bisa saling berkomunikasi.

Dengan kata lain, tidak ada orang asing yang berusaha mendekati anak dengan motif berbahaya. Aktivitas anak pun bisa dipantau oleh orang tua, misalnya saat sedang online maka orang tua akan mendapat notifikasi.

Messenger Kids bisa digunakan tanpa memiliki akun Facebook mengingat ketentuan yang berlaku mengharuskan pengguna berusia setidaknya 13 tahun. Jadi, aplikasi ini bisa jadi alternatif komunikasi bagi anak. Facebook menegaskan bahwa mereka tidak mengambil keuntungan dari ini, semua murni untuk kebutuhan komunikasi.

Dalam pengembangannya, Facebook telah menggandeng lembaga perlindungan anak di Amerika Serikat (COPPA) untuk memastikan tidak ada celah eksploitasi di dunia maya. Saat ini aplikasi baru tersedia untuk iOS, namun dapat dipastikan juga dirilis untuk Android ke depan.

Aplikasi Messenger Kids untuk perangkat iOS bisa diunduh lewat halaman App Store.