Einstein pernah mengatakan tidak ada yang lebih cepat dari cahaya, tetapi sebenarnya fenomena di media sosial belakangan ini membuktikan sebaliknya. Informasi palsu tersebar begitu cepat, lebih cepat dari cahaya. Padahal orang yang membagikan berita tersebut tidak tahu kebenaran di dalamnya.

Jejaring sosial Facebook banyak dikritik akibat kegagalan dalam menangani berita palsu atau hoax, terutama pada momen pemilihan presiden Amerika Serikat atau bisa kita umpamakan dalam Pilkada DKI Jakarta saat ini. Informasi yang tidak jelas kebenarannya berseliweran, meski telah ada klarifikasi yang membantahnya tetapi upaya itu jauh dari kata cukup.

Menanggapi keluhan ini, perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut bekerjasama dengan lembaga jurnalis independen sebagai rujukan informasi valid. Bahkan di awal bulan ini pihaknya turut menyumbang pembentukan organisasi pemberantas berita palsu.

Selain itu Facebook juga merilis kiat untuk mengenali berita palsu yang tertulis di Halaman Bantuan. Tips tersebut terdiri dari 10 poin dan merupakan hasil diskusi dengan ICT Watch dan Dewan Pers Indonesia.

Apa saja ke-10 tips tersebut?

Jangan langsung percaya dengan judul

Berita Hoax Facebook
Judul berlebihan yang jauh dari prinsip jurnalistik

Kabar berita palsu sering kali memiliki judul yang menarik yang ditulis dalam huruf besar dan dengan tanda seru. Jika klaim mengejutkan dalam judul kelihatannya tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya memang begitu.

Perhatikan URL berita

Berita Hoax Facebook
Alamat web berita sengaja dibuat mirip dengan portal media resmi

URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya dapat menjadi tanda peringatan berita palsu. Banyak situs berita palsu menyerupai sumber berita autentik dengan sedikit mengubah URL. Kamu dapat membuka situs tersebut untuk membandingkan URLnya dengan sumber tepercaya.

Selidiki sumbernya

Berita Hoax Facebook
Kebanyakan tidak memberikan sumber, sekalipun ada mereka tidak menambahkan link secara jelas

Pastikan berita tersebut ditulis oleh sumber yang kamu percayai memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika beritatersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, baca bagian “Tentang” mereka untuk mempelajari selengkapnya.

Amati bila ada pemformatan yang tidak wajar

Berita Hoax Facebook
Kesalahan penulisan disana-sini yang mengindikasikan bukan ditulis oleh editor kredibel

Banyak situs berita palsu memiliki kesalahan eja atau penataan letak yang janggal. Bacalah dengan saksama untuk melihat tanda-tanda ini. Biasanya kalimat disusun secara tidak rapi, banyak typo, hingga tanda baca yang berantakan.

Pertimbangkan fotonya

Berita Hoax Facebook
Foto bersifat clickbait atau bahkan tidak ada korelasinya dengan inti berita

Kabar berita palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya melenceng. Kamu dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.

Periksa tanggalnya

Berita Hoax Facebook
Contohnya dalam klarifikasi ini, tuduhan banjir yang terjadi saat itu ternyata tidak benar

Kabar berita palsu mungkin berisi kronologi yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah atau dengan kata lain hubungan sebab akibat yang terbalik.

Periksa buktinya

Berita Hoax Facebook
Identitas seseorang sering diputarbalikan dari fakta yang sebenarnya dan juga membahayakan orang itu sendiri

Periksalah sumber pengarang untuk mengonfirmasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu. Berita palsu seringkali melibatkan nama narasumber fiktif.

Lihat laporan lainnya

Berita Hoax Facebook
Hoax disebarkan oleh sumber yang kurang kredibel, memanipulasi fakta menjadi fitnah

Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan berita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut palsu. Jika berita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang kamu percayai, maka kemungkinan berita tersebut benar.

Apakah berita tersebut hanya gurauan?

Berita Hoax Facebook
Berita parodi sepatutnya tidak dipercayai karena memang bukan untuk diseriusi

Terkadang kabar berita palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran. Periksa apakah sumbernya memang terkenal menampilkan parodi, dan apakah perincian berita dan nadanya memberikan kesan berita tersebut hanya sekadar gurauan.

Beberapa berita memang sengaja dibuat salah

Berita Hoax Facebook
Isu penculikan anak yang sempat booming ternyata hanya hoax semata dan tidak benar

Berpikirlah secara kritis tentang berita yang kamu baca, dan hanya bagikan berita yang kamu ketahui dapat dipercaya.

Begitulah tips sederhana dari Facebook, jika diuraikan secara mendetil ada lebih banyak metode lagi untuk mendeteksi berita palsu. Tetapi setidaknya ini layak menjadi bekal bagi kamu agar menjadi netizen cerdas!