Dengan meningkatnya jumlah pengendara sepeda, keamanan juga semakin menjadi bahan sorotan. Fasilitas perlindungan kepala biasanya menggunakan helm dimana ini tidak efektif untuk mereduksi benturan.

Hovding, perusahaan asal Swedia menawarkan evolusi helm yang turut menggabungkan airbag pada mobil. Produk Airbag ini seperti syal yang melingkari leher pengendara.

Fisiknya tidak seperti helm, namun fungsinya sama. Bahkan boleh dikatakan ia lebih baik dibanding helm standar. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Standford dan diterbitkan dalam Jurnal of Biomedical Engineering mencoba mencari tahu tingkat keselamatan helm airbag ini.

Hasil penelitian tersebut menyebut Airbag Hovding mengurangi dampak benturan hingga enam kali dibanding helm konvensional. Lantas ini membuat helm besutan Hovding menjadi jauh dari kemungkinan terjadinya gegar otak.

hovding airbag, hovding helmet, airbag helm, helm unik, helm airbag, hovding indonesia, harga helm

Cara kerja helm revolusioner ini cukup sederhana. Sebuah sensor bertenaga baterai tersimpan di dalam. Sensor tersebut mampu membaca pergerakan yang mengarah pada kecelakaan sehingga dengan cepat airbag mengembang dan menutupi kepala.

Baterai sensor dapat diisi melalui charger USB. Sementara itu airbag sama seperti pada mobil dimana hanya bisa mengembang satu kali.

Pihak Hovding baru memasarkan helm buatannya di Eropa dengan harga 299 Euro atau sekitar Rp 4.3 juta. Belum ada detil kapan Hovding akan dirilis ke pasar Asia khususnya Indonesia.


Sumber: Hovding