Tesla Semi
Tesla siap geber pasar truk elektrik (credit: Tesla)

Ambisi CEO Tesla untuk mempercepat kehadiran mobil elektrik semakin nyata. Usai peluncuran Model 3, Elon Musk menjanjikan kehadiran truk elektrik yang disebut-sebut akan menghancurkan dominasi truk berbahan bakar minyak.

Kamis ini Musk mengumumkan Tesla Semi melalui ajang yang berlangsung di Hawthorne, California. Truk tersebut 100 persen beroperasi dengan energi listrik dari baterai. Penampilan truk tampak aerodinamis dengan tujuan mengurangi gesekan dan menghemat listrik. Musk juga mengklaim drag coeficient lebih rendah dari supercar.

Namun senjata utama dari truk ini terletak pada efisiensi baterainya. Dalam sekali pengisian, truk mampu menempuh jarak hingga 804 kilometer dengan kecepatan 104 km/jam. Dengan beban 36 ton, Tesla Semi dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 20 detik. Sesuatu yang mustahil bagi truk diesel.

Tesla Semi
Dua varian yakni 480 km dan 800 km (credit: Techcrunch)

Selain itu Tesla menyiapkan stasiun pengisian Megachargers yang memberikan truk daya 80 persen selama 30 menit. Durasi tersebut setara dengan proses bongkar muat. Perusahaan berencana menempatkan Megachargers di seluruh dunia demi memastikan truk tidak kehabisan energi selama dalam perjalanan.

Fitur lain yang tidak ketinggalan adalah teknologi Autopilot. Tesla Semi dibekali berbagai sensor, radar, dan kamera untuk memberikan gambaran lingkungan. Menurut Tesla, fitur ini menawarkan pengereman darurat, berjalan tetap pada jalur, dan informasi peringatan untuk meningkatkan keamanan mengemudi.

Tesla menyebut truk elektrik ini dapat menghemat $200 ribu atau Rp 2,7 miliar selama 2 tahun pemakaian sebab maintenance lebih jarang serta biaya listrik yang jauh lebih murah.

Dalam pasar truk, Tesla tidak sendirian. Mereka masih berkompetisi dengan Daimler yang merilis E-Fuso dengan jarak tempuh 350 kilometer. Terkait persaingan, Musk sendiri mengaku tidak mempermasalahkan hal itu. Justru misi Tesla adalah mempercepat kendaraan elektrik secara global, dan munculnya pesaing adalah indikator positif.